Kamis, 27 Februari 2014

Essay Organisasi Arsitektur Komputer

From : Abdul Aziz



I. PENGERTIAN 
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.


 II. PERBEDAAN
Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

III. STRUKTUR dan FUNGSI 

Struktur & Fungsi :
·                     Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
·                     Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Fungsi dari komputer adalah :
·                     Fungsi Operasi Pengolahan Data
·                     Fungsi Operasi Penyimpanan Data
·                     Fungsi Operasi Pemindahan Data
·                     Fungsi Operasi Kontrol 

Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer :
·                     Input
·                     Memori
·                     Arithmetic dan logic
·                     Control
·                     Output

Input diterima dari informasi yang diberikan pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan berikutnya atau proses selanjutnya yang dilakukan oleh arithmetic dan logic (ALU) atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan. Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan alat output, seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas dikoordinasi oleh unit kontrol.

Source:www.google.com


            www.rosdianasetiawan.blogspot.com



From : Ayu Windi Laksmita Dewi


MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER ??

            Sebagai salah satu mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa, khususnya di program studi “Teknik Informatika”. Maka kita sebagai mahasiswa di wajibkan untuk mengetahui bagaimana suatu komputer tersebut dapat bekerja dengan baik dan benar, mulai dari pengimputan data (memasukan data), kemudian di proses, sampai menghasilkan suatu output data (berupa hasil dari pemasukan data tersebut). Sebagai contoh kita memasukan sebuah kalimat melalui keyboard kemudian kalimat tersebut di proses di dalam CPU dan di keluarkan melalui monitor.
            Organisasi dan Arsitektur Komputer merupakan satu pelajaran mata kuliah yang diajarkan untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Oleh karena itu essay ini dibuat untuk mengkaji tentang makna dari organisasi komputer dan arsitektuk komputer.          
Pada ruang lingkup ilmu komputer dan juga teknik komputer, kita harus mengetahui pengertian  dari organisasi dan arsitektur tersebut, sebelum mengetahui manfaat dan alasan untuk mempelajari organisasi arsitektur komputer di dunia kerja. Berikut pengertiannya :
-          Arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer dapat melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang di buat.
Sebagai contoh : misalkan si programmer ketika akan mengkoding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedang di gunakannya memiliki :
·         Instruksi perkalian atau tidak ?
·         Bagaimana pengamatan data memory ?
·         Bagaimana data di representasikan ?, dan
·         Bagaimana bilangan di representasikan ?
Jadi dapat di simpulkan bagaimana software bekerja pada hardware .
-          Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional.
Sebagai contoh : teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, sistem memori dan sinyal-sinyal control.
Jadi dapat di simpulkan bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut, bagaimana unit-unit komputer bekerja, dan bagaimana interkoneksinya hingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.
Contoh yang paling banyak menggunakan arsitektur dan organisasi komputer, misalnya : Microsoft dan Apple. Ke-2 perusahaan tersebut, terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di dunia komputer. Table PC dan Smartphone adalah salah satu contohnya, pada ke-2 teknologi baru tersebut diterapkan arsitektur dan organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC.
Dengan kita belajar Organisasi dan Arsitektur Komputer, akan memudahkan kita memahami sebagai :
1.      User
Ø  Memahami kemampuan dan batasan system;
Ø  Membuat keputusan yang dibutuhkan;
Ø  Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional.
2.      System analys
Ø  Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai;
Ø  Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3.      Programmer
Ø  Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan;
4.      System Administrator / managemen
Ø  Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer;
Ø  Memaksimalkan system yang tersedia;
Ø  Mengoptiimalkan performen dari system;
Ø  Menjamin keamanan system.
5.      Web Design
Ø  Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web;
Ø  Memahami system administrasi dari layanan web;
Ø  Memilih dengan tepat format data yang digunakan;
Ø  Mendesain halaman web lebih efisien.

Organisasi komputer membantu mengoptimalkan kinerja berbasis produk. Dengan adanya pelajaran organisasi dan asritektur komputer tersebut memiliki tujuan antara lain :


  1.         Mengetahui mata kuliah CPU arsitektur;
  2.         Mengetahui hubungan antara CPU arsitektur dengan mata kuliah lain;
  3.     .   Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU;  
  4.     Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU arsitektur.

Perbedaan arsitektur dan organisasi komputer :


  1.     Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh : Atribut Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.


  2. Organisasi Komputer

Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural .
Contoh : Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.

Struktur dan fungsi komputer :
-          Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan. Ada 4 komponen utama dalam struktur komponen :
1.      Central Processing Unit
Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2.      Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3.      Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4.      System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.

-          Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur. Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:
1.      Pengolah Data (Data Processing);
2.      Penyimpan Data (Data Storage);
3.      Pemindah Data (Data Movement);
4.      Kontrol (Control).

Dari pembahasan di atas telah di jelaskan bahwa, pelajaran organisasi dan arsitektur komputer ini sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk mempermudah dalam menjalankan sebuah komputer.
Maka dari itu belajar organisasi dan arsitektur komputer diharuskan dan di wajibkan bagi seluruh mahasiswa Teknik Informatika agar dapat di mudahkan untuk bekerja di dunia kerja nanti.
Demikianlah tugas essay Organisasi dan Aesitektur Komputer yang dapat saya tulis, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Keritik dan saran sangat kami harapkan
Wassalamualaikum Wr. Wb


Sumber :



From : Dinno Fernando

Organisasi Arsitektur Komputer
Komputer adalah perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi di kalangan anak usia dini hingga orang dewasa, tentunya dengan tingkat pemahaman dan penggunaan yang berbeda-beda.  Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukandan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh bus.
Adapun pengertian dari organisasi komputer, arsitektur komputer, CPU dan komponen lainnya :
A.           Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
B.            Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi,aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
C.           CPU (Central Prosessing Unit)
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terhubung.
D.           Memori
Memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan,  ribuan,atau bahkan jutaan. Setiap word atau bytemempunyai alamat tersendiri. Main memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O.
Memori dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
Ø RAM (Random Access Memory)
RAM (Random  Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila satu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data semantara, yang ticlak begilu vital saat aliran daya terputus.
Struktur dari RAM, dibagi menjadi:
1.      Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat
alat input;
2.      Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi program
yang akan diproses;
3.      Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan
hasil dari pengolahan;
4.    Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan datayang akan ditampilkan ke alat output.


Ø ROM (Read Only Memory)
Memori ini hanya dapat dibaca saja, programer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti program untuk mengatur penampilan karakter, pengisian tombol kunci dan bootstrap program.
Bootstrap program diperlukan pada waktu pertama kali sistem komputer diaktifkan, yang proses ini disebut dengan istilah booting, yang terdiri dari:
1.      Cold booting, adalah proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk
mengambil bootsrap program dari keadaan listrik komputer mati.
2.      Warm booting, adalah proses pengulangan pengambilan bootstrapprogram
dalam keadaan komputer masih hidup.
Instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau microcodeatau disebut juga firmware. Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak, karena dapat menyebabkan sistem komputer tidak berfungsi. ROM bersifat non volatile, artinya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Jenis-jenis ROM:
1.      PROM (Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat diprogram sekali saja dan tidak dapat diubah kembali
2.      EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus dengan sinar ultra violet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang
3.      EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
E.            I/O Port
Alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung dengan bus tetapi melalui suatu I/O port atau I/O interface. Alat-alat input/output dapat berkomunikasi dengan CPU dengan cara mengirimkan informasi yang akan dikomunikasikan lewat bus. Informasi yang dikirim dari alat input/output (peripheral device) kemain memory atau ke register di CPU diletakan di I/O port dan dikirimkan lewat data bus. Demikian juga bila informasi dari main memory akan dikirimkan ke peripheral device juga melalui data bus dan diterima di I/O port. Cara ini disebut juga dengan program-controlled  I/O. Cara ini banyak diterapkan pada alat I/O yang hanya dapat menangani satu karakter atau 1 byte atau 1 word saja tiap saat misalnya keyboard.


From : Erlangga Firdaus Zain

PENGERTIAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

1.      Organisasi komputer adalah bagian-bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyususn sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya
·         contoh : aspek organisasional adalah teknologi hardware dan perangkat-perangkat pendukung lainnya

2.      Arsitektur komputer adalah kajian yang cendrung tentang atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
·         contoh : set intruksi, aritmatika yang digunakan,teknik pengamatan dan mekanisme I/O

Komputer merupakan perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi di kalangan anak-anak hingga orang dewasa, tentunya dengan tingkat pemahaman dan penggunaan yang berbeda. Komputer juga mempunyai bagian fisik yang disebut Hardware dan non-fisik yang disebut sebagai Software/Program Komputer.
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
·         Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.


Pada prinsipnya sebuah sistem komputer terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:

1.      CPU (Central Prosessing Unit)

CPU merupakan bagian fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Di dalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan.
Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
1.                  Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
2.                  Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output.
3.                  Merespon interupsi dari luar.  Menyediakan clock dan sinyal kontrol kepada sistem.
Dalam melakukan hal-hal di atas, jelas CPU perlu menyimpan data untuk sementara waktu. CPU perlu mengingat lokasi instruksi terakhir sehingga CPU akan dapat mengambil instruksi berikutnya. CPU perlu menyimpan instruksi dan data untuk sementara waktu pada saat instruksi sedang dieksekusi. Dengan kata lain, CPU memerlukan memori internal berukuran kecil yang disebut Register.
Arithmetic and Logic Unit (ALU) berfungsi membentuk operasi-operasi aritmatika dan logic terhadap data Register menyimpan data sementara dan hasil operasi ALU.
Control unit menghasilkan sinyal, yang akan mengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU.

2.      Memori
Adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.

3.      RAM (Random Access Memory)

Adalah memori yang dapat dibaca atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila catu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program computer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk mcnyimpaii data seinantara, yang ticlak begilu vital saal aliran daya terpiilus.

4.      ROM (Read Only Memory)

Adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile. Ada beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM. PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

5.      Perantara Input/Output

Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapat menerima data dari mikrokomputer dan dapat pula memberi data ke mikrokomputer.



From : Galih Triandiansyah

Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa teknologi informasi adalah Arsitektur dan Organisasi Komputer, atau beberapa kampus sering menyingkatnya menjadi AOK. Ada kitab suci yang menjadi bahan bacaan wajib pada mata kuliah ini, yaitu bukunya William Stallings dan Andrew S. Tanenbaum. Bukunya Stalling berjudul "Computer Organization and Architecture Designing for Performance" saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 8th, sedangkan bukunya Tanenbaum adalah "Structured Computer Organization" yang saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 5th.

Lantas apa sih esensi dari arsitektur komputer, dan apa pula maksudnya organisasi komputer? Apa perbedaan keduanya? Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Yuk kita lanjutkan.

Pada ruang lingkup ilmu komputer dan juga teknik komputer, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".

Sedangkan organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.
Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Ini jawaban yang ane ringkas dari bukunya mbah Stallings :

1.                  Students need to understand computer architecture in order to structure a program so that it runs more efficiently on a real machine. In selecting a system to use, they should be able to understand the tradeoff among various components, such as CPU clock speed vs. memory size
2.                  Architecture extends upward into computer software because a processor’s architecture must cooperate with the operating system and system software. It is difficult to design an operating system well without knowledge of the underlying architecture
3.                  Concepts used in computer architecture find application in other courses. In particular, the way in which the computer provides architectural support for programming languages and operating system facilities reinforces concepts from
those areas

Contoh yang banyak mengutak-utik arsitektur dan organisasi komputer, misalkan : Microsoft dan Apple. Kedua perusahaan tersebut, terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut, diterapkan arsitektur dan organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC.

Semua komputer dapat dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan organisasi komputer.



From : Gilang R.


Organisasi dan Arsitektur Komputer

Apa yang dimaksud Organisasi dan Arsitektur Komputer?
Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".
organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya. Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral, teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.

Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
# apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
·         Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
·         Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
·         Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
·         Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
·         Organisasi antar versi memiliki perbedaan.


Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi dari Komputer:
1.      Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
2.      Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubugan dengan peralatan yang lain dalam menjalankan tugasnya.
3.      Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4.      Memepelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Tujuan belajar Organisai dan Arsitektur Komputer:
  1.          Mengetahui tentang matakuliah Organisasi dan Arsitektur computer
  2.     Mengetahui hubungan antara matakuliah organisasi dan arsitektur komputer dengan matakuliah     lain
  3.     Dapat memahami dan mengikuti perkembangan komputer
  4.         Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer
  5.         Dapat memahami struktur computer dan masing masing pembentuk struktur computer
  6.          Mengethaui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer



From : Ismi Nur Aziza

Arsitektur Komputer dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

Dari beberapa sumber,saya dapat tuliskan mengapa kita harus belajar Arsitektur Komputer?
1. User
     1. Memahami kemampuan dan batasan system
     2. Membuat keputusan yang dibutuhkan
     3. Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
     1. Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
     2. Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
     1. Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
     1. Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
     2. Memaksimalkan system yang tersedia
     3. Mengoptiimalkan performen dari system
     4. Menjamin keamanan system
5. Web Designer
     1. Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
     2. Memahami system administrasi dari layanan web
     3. Memilih dengan tepat format data yang digunakan
     4. Mendesain halaman web lebih efisien


Berikut Ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dan fungsi dari komputer:
1. Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
2. Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubungan dengan peralatan yang lain dalam  
     menjalankan tugasnya
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Perbedaan arsitektur dan organisasi computer

1. Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.

2. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.


Struktur dan fungsi komputer
Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan.
Ada 4 komponen utama dalam struktur komponen:

1. Central Processing Unit

Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2. Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3. Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4. System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.

Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur.
Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).

Ada tiga pengertian yang harus dibedakan yaitu:
1 Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler

Mikroprosesor
Mikroprosesor adalah sustu chip (IC=Integrated Circuits) yang didalamnya terkandung rangkaian ALU (Arithmetic Logic Unit), Rangkaian CU (Control Unit), dan Register-register.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.

Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (Main Memory) dan antar muka Input-Output (I/O Interface) yang dilakukan dengan menggunakan system interkoneksi bus.
Bus merupakan kumpulan konduktor, yang membawa sinyal-sinyal alamat, data dan kontrol
1. Bus alamat, Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya dan memiliki sifat aliran satu arah.
2. Bus Data, Kumpulan Konduktor, yang membawa kode-kode intruksi atau data dari mikroprosesor keunit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah.
3. Bus kontrol, Kumpulan konduktor yang membawa sinyal-sinyal kontrol.

Main memory
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.


Daftar pustaka

http://hendra-jatnika.web.id/index.php/akdm/know/10-arsitektur-komputer‎.html




From : Mulya Putra W.


MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER?

Memepelajari Teknik Informasi bukan saja dari segi bidang komputer,jaringan,dan IO nya saja,namun kita harus mengetahui alur atau  sistemmatika sebuah komputer  itu bekerja dimana sebuah komputer bekerja secara logikal,walaupun komputer hanyalah sebuah alat elektronik namum komputer memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan teknologi di jaman sekarang ini.
Organisasi sendiri yaitu bagian yang terkait erat dengan operasional dan interkoneksi antara komponen penyusun komputer.Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,perangkat antar muka,teknologi memori,dan sinyal-sinyal control,sedangkan arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dari suatu sistem komputer.
Seperti yang kita ketahui komputer di buat untuk memudahkan pekerjaan manusia sehingga komputer di buat agara bisa melakukan proses,data penyimpanan,data pemindahan,dan pengontrolan terhadap sitem komputer itu sendiri,di jaman sekarang ini manusia sudah mengetahui dan sudah menggunakan komputer namun hanya sedikit orang yang paham dan tau akan apang yang terjadi pada saat seorang brainware melaukan perintah terhadap komputer seperti copy,membuat sebuah program,dan melakukan IO, mungkin menurut saya mesin komputer memliki sebuah rancangan yang terancang secara rapih agar sebuah komputer dapat di operasikan dengan baik,biasanya orang hanya mengenal komputer hanya dari segi software,dan hardware di mana orang hanya mengenal spesifikasi komputer yang bagus namun tidak mengetahui bahwa komputer yang tidak seimbang maka kinerja nya pun kurang maksimal.
Kita sebagai para calon sarjana IT harus mengatahui apa yang terjadi di balik sebuah komputer di mana biasanya kita hanya mengerti dasar komputer itu bekerja seperti input,proses,dan output namun kita tidak mengerti sedalam-dalamnya apa yang terjadi pada saat semua itu dilakukan dan semua itu terjadi,dalam OAK ada yang namanya struktur komputer dan multi level mesin ,komputer memiliki sistem yang komplex karena komputer hanya mengerti bilangan biner saja seperi angka 1 dan 0,komputer memiliki tingkatan multilevel mesin seperti:
Level 5 Problem-oriented language level
Level 4 Assembly language level
Level 3 Operating system machine level
Level 2 Instruction set architecture level
Level 1 Micro architecture level
Level 0 Digital logic level
menurut orang-orang yang sering menggunakan komputer, komputer bagaikan kotak hitam dimana para penggunanya dapat mengendalikan dan menggunakan  komputer namun mereka tidak mengetahui apa yang terjadi di balik sebuah komputer yang saat itu juga ia gunakan.
Oleh karena itu kita harus mempelajari dan memahami Organisasi dan Arsitektur Komputer agar kita lebih paham dengan apa yang kita gunakan dan agar kita lebih bijak dalam menggunakan sebuah komputer yang sehari-hari sering kita gunakan.






From : M. Sidiq Noval A.G.S


Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang di dalamnya dilengkapi dengan hardware,software,dan penggunanya yaitu brainware kita sudah mengetahui komputer itu apa namun kita tidak mengetahui apa yang terjadi sesunggunya di dalam sebuah komputer tersebut pada saat kita mengoprasikan komputer,di dalam komputer biasanya terdapat  software-sofware yang sering kita gunakan  untuk kita ketahui namun apakah kita tau cara kinerja atau urutan mereka bekerja seperti apa?.
Komputer dapat menyelesaikan permasalhan-permasalahan yang komplex seperti tambah,kurang,kali,dan pembagian,selain itu komputer pun menyelesaikan tugasnya dengan logika di mana sebuah komputer akan berhubungan dengan manusia dan komputer akan melogikakan apa yang di perintahkan oleh manusia,banyak komputer memiliki arsitektur yang sama namun berbeda organisasi,dan hampir semua komputer memiliki fungsi yang sama seperti proses,penyimpanan data,pemindahan data,dan pengendalian.
Organisasi dan Arsitektur komputer mengenalkan kita terhadap sesuatu yang jarang kita dengar dan jarang kita sadari dimana sebuah komputer memiliki proses dan kontroler yang sudah terancang dengan baik oleh para pembuatnya dan pengembangya banyak sekali produk komputer yang sudah beredar saat ini dengan spesifikasi yang berbeda,harga yang berbeda,dan organisasi yang berbeda namun memiliki arsitektur yang sama hal ini agar memudahkan para pengguna komputer yang sudah terbiasa dengan komputer yang dahulu .
Ada beberapa fungsi komputer yaitu sebagai berikut:
Fungsi pengolahan Data (Data processing):
              Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat. Contoh: updating bank statement:

Fungsi penyimpanan data (Data storage):
              Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh: download dari internet.
Fungsi Pemindahan Data (Data movement):                                             
             Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk  pemindahan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke layar monitor.
Fungsi Kendali  (Control):                                                                     
             Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain
Mempelajari Organisasi dan Arsitektur Komputer sangatlah penting agar kita mngetahui apa yang kita lakukan pada saat kita menggunakan komputer dan kita dapat memahami cara kerja komputer dengan sedalam-dalamnya,agar kita dapat menambah ilmu karena kita harus mengetahui apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan dengan menggunakan komputer secara mendalam.





From : Raga I.


1.      Perbedaan Arsitektur & Organisasi  Komputer.
·         Organisasi Komputer
         Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
·         Arsitektur Komputer
        Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
        Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
       Selain itu perbedaan yang lain yaitu, Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control.
       Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
2.  Menjelaskan fungsi komputer dari berikut ini :
     Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana dan pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :  
1.  Pengolahan Data = Fungsi komputer itu sendiri tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan komputer untuk mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan lain-lain tergantung kebutuhan dari pengguna komputer tersebut. Dan proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software.
2.  Penyimpan Data = Fungsi komputer sebagai penyimpan data adalah untuk mengamankan banyak data yang suatu saat nanti data tersebut akan di gunakan kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer disimpan dalam sebuah Harddisk. Hardisk itu sendiri juga memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda.
3.  Pemindahan Data = Fungsi komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirim atau menerima data dari komputer satu ke komputer lainnya, agar proses pengolahan data agar lebih mudah.
4.  Kendali = Fungsi komputer sebagai kendali adalah di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.
3.  Komponen-komponen utama komputer.
     Komponen  utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer,  karena dalam sebuah sistem komputer jika  satu saja  dari  komponen utama tersebut tidak ada,  maka sistem komputer pun tidak  akan berjalan  atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkan.
Komponen utama dalam sistem komputer ada tiga  yaitu
1. Hardware
    Hardware
 atau perangkat keras dalam sistem komputer  merupakan  komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat difungsikan. Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
2.  Memori, ini juga dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer yaitu:
• Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
• kecepatan tinggi
• akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah :
• non volatil atau persisten
• kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
• akses random atau sekuensial
• Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
• Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa  contoh piranti masukan :
1. keyboard                     5.  camera
2. mouse                         6.  modem
3. touch screen               7.  network card
4. scanner 
• Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa  contoh piranti masukan :
1. Monitor                       4.  Plotter
2. Printer                         5.  Modem
3. Speaker                       6.  network card 
2. Software
    Software atau perangkat lunak adalah suatu  program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang  dimengerti oleh komputer.  Perangkat  komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer  untuk : mengetik surat/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara  dan lain sebagainya. Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4.  Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
• pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
• pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
• presentasi : MS PowerPoint, dll.
• desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi. 
3.    Brainware (User),
       User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
        1. Analis Sistem
        2.  Programmer
        3.  Operator
        4.  Teknisi




From : Rizqi Oktavia P.M.


Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer?


Ø  Kita perlu mempelajari dan memahami arsitektur dan organisasi komputer karena dalam struktur suatu program sedemikian rupa dapat bekerja secara efisien dalam suatu komputer, dalam pemilihan suatu sistem dapat memulai atau membatalkan berbagai komponen, seperti CPU mempercepat melawan kapasitas memori.
Ø  kita sudah mengetahui komputer itu apa, namun kita tidak mengetahui apa yang terjadi sesunggunya di dalam sebuah komputer tersebut pada saat kita mengoprasikan komputer, di dalam komputer biasanya terdapat program yang sering kita gunakan  untuk kita ketahui namun apakah kita tau cara kerja atau urutan mereka bekerja seperti apa. Oleh sebab itu kita harus mempelajari Organisasi dan Arsitektur Komputer agar kita mngetahui apa yang kita lakukan pada saat kita menggunakan komputer dan kita dapat memahami cara kerja komputer
Ø  Arsitektur meluas ke dalam perangkat lunak komputer sebab suatu arsitektur pengolah harus bekerja sama dengan sistem operasi dan sistem perangkat lunak. Hal itu sangat sulit untuk mendesain sistem operasi yang baik, tanpa pengetahuan dasar arsitektur
Ø  Konsep digunakan di dalam arsitektur komputer. Di dalam rancang komputer, arsitektur komputer menjadi desain yang konseptual dan struktur yang operasional pokok suatu sistem komputer. Merupakan uraian kebutuhan fungsional terutama mempercepat dan interkoneksi dan mendesain implementasi untuk berbagai komponen komputer  memusatkan sebagian besar di pengolahan unit (CPU) melaksanakan secara internal dan akses di dalam memori

Penjelasan

Pengertian Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer

·         Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Contoh : operasi aritmatika dan mekanisme input output.
·         Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh : prosesor, sinyal kontrol, teknologi interface
Contohnya yang banyak mengutak - atik arsitektur dan organisasi komputer, misalnya : Microsoft dan Apple. Terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut, diterapkan arsitektur dan organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC. Semua komputer dapat dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan organisasi komputer.


Fungsi Komputer
·         Sebagai pengolah data
      Komputer digunakan sebagai pengubah data atau sebagai pembuat data
·         Sebagai penyimpanan data
     Komputer biasa digunakan untuk tempat menampung data dalam format yang beragam dan dan data       tersebut tidak akan hilang apabila kita tidak menghapusnya atau storage tidak rusak
·         Sebagai pemindahan data
      Komputer juga dapat digunakan sebagai alat transfer data dari storage satu ke storage lainnya
·         Sebagai pengendali
      Komputer dapat digunakan sebagai pengendali alat lain atau pengendali komputer itu sendiri, dengan       menggunakan software tambahan. Contoh pengendali robotic
Arsitektur Komputer sebagai Rangkaian Abstraction layer

Ø  Hardware
Bagian dari perangkat keras computer. Seperti CPU

Ø  Firmware
Firmware adalah perangkat lunak yang tertanam di dalam suatu hardware. Hal ini sering diberikan pada flash ROM atau sebagai file gambar biner yang dapat diupload ke hardware

Ø  Assembler
Sebuah program bahasa assembly diterjemahkan ke dalam komputer target kode mesin oleh sebuah program utilitas yang disebut assembler
Ø  Kernel
kernel merupakan komponen utama dari sebagian besar komputer sistem operasi (OS). Tanggung jawabnya meliputi mengelola sumber daya sistem dan komunikasi antara komponen hardware dan software. Sebagai komponen dasar dari sebuah sistem operasi , kernel menyediakan tingkat terendah lapisan abstraksi untuk sumber daya (terutama memori , prosesor dan perangkat I / O) bahwa aplikasi harus kontrol untuk menjalankan fungsi mereka. Ini biasanya membuat fasilitas tersebut tersedia untuk proses aplikasi melalui komunikasi antar-proses mekanisme dan sistem panggilan. Hal ini dilakukan secara berbeda oleh kernel yang berbeda, tergantung pada desain dan implementasi mereka. Sementara kernel monolitik akan mencoba untuk mencapai tujuan tersebut dengan mengeksekusi semua kode dalam ruang alamat yang sama untuk meningkatkan kinerja sistem, kernel mikro menjalankan sebagian besar layanan mereka dalam ruang pengguna, bertujuan untuk meningkatkan pemeliharaan dan modularitas dari basis kode.
Ø  Sistem Operasi dan Aplikasi Software
Sistem operasi ( OS ) adalah sebuah program komputer yang mengelola perangkat keras dan perangkat lunak sumber daya komputer.  Pada dasarnya dari semua perangkat lunak sistem, sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar seperti mengendalikan dan mengalokasikan memori, memprioritaskan permintaan sistem, mengendalikan perangkat input dan output, memfasilitasi jaringan, dan mengelola file. Hal ini juga dapat menyediakan antar muka pengguna grafis untuk fungsi tingkat yang lebih tinggi

Aplikasi software adalah bagian dari perangkat lunak komputer yang mempekerjakan kemampuan komputer langsung ke tugas bahwa keinginan pengguna untuk melakukan. Hal ini harus sejalan dengan perangkat lunak sistem yang terlibat dalam mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi biasanya tidak langsung menerapkannya dalam kinerja tugas yang menguntungkan pengguna
Kita harus mempelajari dan memahami organisasi dan Arsitektur Komputer agar kita mngetahui apa yang kita lakukan pada saat kita menggunakan komputer dan kita dapat memahami cara kerja komputer secara detail





From : Sendi Firdaus


Mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer  yang  akan di gunakan untuk merancang , menganalisis dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka memdapatkan kinerja sistem komputer yang tinggi
      ·         Mahasiswa memahami mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur komputer
      ·        Mahasiswa akan dapat menjabarkan konsep I/O, internal dan eksternal memory dari suatu sistem           komputer
      ·         Mahasiswa memahami proses kerja instruksi,software dan hardware.
      ·         Mahasiswa akan dapat membandingkan intruksi mesin untuk arsitektur komputer contoh Motorola, intel        Pentium
      ·         Mahasiswa akan mengidentifikasi konsep dasar hardware dan software dari sistem komputer
      ·         Mahasiswa akan dapat mengkombinasikan metode pipeline dalam mendesain sistem komputer
       Dan yang dimaksud organisasi komputer dan arsitektur komputer sebagai berikut
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer  yang  terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai  contoh  apakah suatu  komputer  perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalaman tersebut akan diimplementasikan secara langsun ga tau kah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Perbedaaan Utama
Organisasi Komputer dan Bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional
Contoh :teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyalkontrol
ArsitekturKomputer
Atribut – atribut sistem komputer  yang  terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmatika yang dipergunakan, teknikpengalamatan, mekanisme I/O


Dari pengamatan saya sendiri tujuan mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer ini menjelaskan, menerangkan serta seperti mengartikan komputer dan mempelajari tentang komputer dan mungkin seperti  yang bapak jelaskan mahasiswa perlu tahu sejarah tentang bagaimana komputer itu di  buat dimana dan kapan komputer itu di buat, serta agar  kita mengetahui bagaimana sih komputer itu bekarja danbagaimana komputer itumenjalankan apa yg kita suruh seperti membuat program dan lain sebagainya.
Lalu mata kuliah ini bermanfaat untuk pengetahuan kita akan sejarah komputer karena di materinya ada pembahasan sejarah bahasa mesin seperti assembly dan mungkin masih banyak ntar yang akan lebih banyak  disampaikan.
Pengetahuan akan komputer dan cara kerjanya itu sangatlah penting bagaimana kalo kita di Tanya bisa “apakah anda bias membuat program?” mungkin sebagian orang tidak mengerti membuat suatu program komputer ,jawabnya  “ya” lalu ketika di Tanya bagaimana mana sih cara pengoperasian komputer dan bagaimana cara kerja komputer itu sendiri? Nah,kesimpulannya itulah tujuan mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer ini.
Dan yang paling lebih penting mahasiswa dapat mengetahui spesifikasi komputer agar membeli sebuah komputer tidak asal membeli saja tahu tahu hidup saja dan tidak mengetahui isi komputer itu bagus atau tidak dan layak pakai atau tidak juga, mengetahui tingkat kecepatan sebuah komputer itusendiri. Seperti  yang  di jelaskan di atas tentang spesifikasinya kita perlu tahu komputer kita spesifikasinya bagus atau tidak cepat atau lambat dia membacanya dan kita harus mengetahui microprosessornya apa dan bagus atau tidaknya,DDR2 atau berapa,motherboardnya cocok atau tidak,tingkat memory internal nya yang bagusberapa,danlai lain.
Bukan hanya itu mata kuliah organisasi dan arsitektur ini juga mempelajari dan memjabarkan konsep I/O, serta mahasiswa dapat memahami guna internal daneksternal memory dari sitem komputer itu tersebut.
Mata kuliah ini juga mempelajari tentang bagaimana proses kerja intruksi software dan hardware juga memberitahu bagaimana pengoperasian software dan hardware dalam sistem komputer itu tersebut.
Seperti di jelaskan  di halaman pertama mahasiswa akan mengidentifikasi konsep dasar hardware dan software dari sistem komputer.Itu akan menjadi pengetahuan tentang konsep dasar  hardware dan software dan mahasiswa akan dapat mengkombinasikan metode pipeline dalam mendesain sistem komputer.

Referensi;

http://orkom.lecture.ub.ac.id/







From : Stenly David K.P.

Esai
Mengapa kita perlu mempelajari Organisasi & Arsitektur Komputer?

Dari judul tugas yang diberikan sungguh menarik dan menantang. Dari hal ini kita dapat menangkap sebuah pemahaman bahwa Organisasi & Arsitektur Komputer merupakan matakuliah yang unggul dan sangat menarik tuk di pelajari.
Mari kita bahas mengenai berbagai materi maupun metode pengertian dari  Organisasi dan Arsitektur Komputer. Organisasi & Arsitektur Komputer merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa Teknologi Informatika, atau beberapa kampus sering menyingkatkannya menjadi Arsikom. Ada kitab suci yang menjadi bahan bacaan wajib bagi matakuliah ini, yaitu buku dari William Stallings dan Andrew S. Tanenbaum. Buku dari Stailling berjudul “Computer Organization and Architecture Desingning for Performance” saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 8th, sedangkan bukunya Tanenbaum adalah “Structured Computer Organization” yang saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 5th.
Pada ruang lingkup akedemik teknik informatika, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan programmer ketika akan coding, ia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana bilangan direpresentasikan?
Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain dari arsitektur komputer. Jika dipersempit maka fokus dari pembelajaran di bidang ini adalah “bagaimana software bekerja pada hardware”. Sedangkan organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.

Organisasi Komputer      :
      ·         Bagian yang terkait erat dengan unit-unit opersional dan sesuai dengan spesifikasi arsitektural.
      ·         Kontrol signal, perangkat antar muka dan teknologi memory yang digunakan.
   Contoh: Perangkat antarmuka, sistem memori, sinyal-sinyal kontrol, teknologi hardware, dan teknologi memori.
Arsitektur Komputer      :
      ·         Atribut-atribut pada sebuah sistem komputer yang terlihat atau terkait oleh programmer.
      ·         Memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
      Contoh: Teknik Pengalamatan memori, set instruksi, mekanis I/O, aritmatika atau jumlah bit yang digunakan pada tipe data.

Struktur dan Fungsi
      -          Struktur, cara masing-masing komponen saling berhubungan.
      -          Fungsi, operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur.


Komputer memiliki Mesin 6 Level

Level 0 dari mesin tersebut merupakan level logika digital, dimana berisi logika-logika yang diwujudkan dalam bentuk logika gerbang. Level inilah yang merupakan hardware sesungguhnya dari sebuah mesin. Logika digital dibentuk dalam suatu komponen analog seperti misalnya transistor dan sebagainya.
Level 1 merupakan level arsitektur mikro. Pada level ini terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut dengan Arithmetic Logic Unit (ALU) yang terdiri dari sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi logika aritmatika sederhana. Pada level ini juga terdapat program yang mengendalikan beberapa operasi di dalamnya yang disebut dengan nama program mikro. Disamping sebagai pengendali, program mikro ini juga berfungsi sebagai interpreter atau penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di atasnya.
Level 2 disebut juga sebagai level arsitektur perangkat instruksi. Biasa disebut juga level ISA (Instruction Set Architecture). Level ini berisikan instruksi-instruksi dasar sebuah mesin seperti yang biasanya terdapat pada manual book dari produk-produk komponen komputer yang dikeluarkan oleh pabrik. Level 3 merupakan level mesin sistem operasi. Level ini merupakan level pengaturan mesin yang dilakukan oleh sebuah perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi. Artinya adalah bahwa pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh mesin diinterpretasikan secara parsial oleh sistem operasi. Level 4 merupakan level bahasa rakitan. Jika pada level 0 sampai dengan level 3 implementasinya dikerjakan oleh programmer sistem, mulai level 4 pekerjaan dapat dilakukan oleh programer aplikasi. Level 5 merupakan level bahasa tingkat tinggi. Pada level ini, programer yang ingin memberikan instruksi pada komputer tidak perlu susah-susah belajar bahasa mesin karena bahasa yang dipakai adalah bahasa tinggi yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

Mengapa kita harus mempelajari Organisasi dan Arsitektur Komputer?
1.       Students need to understand computer architecture in order to structure a program so that it runs more effeciently on a real machine. In selecting a system to use, they should be able to understand the tradeoff among various components, such as CPU clock speed vs. Memory size
2.       Architecture extends upward into computer software because a processor’s architecture must cooperate with the operating system and system software. It is difficult to design an operating system well without knowledge of the underlying architecture
3.       Contepts used in computer architecture find application in other courses. In particular, the wat in which the computer provides architectural suppport for programming langsuages and operating system facilities reinforces concepts from those areas

(Sumber: Buku Stallings)
Contoh yang banyak mengutak-utik Organisasi & Arsitektur Komputer, misalkan :
Microsoft dan Apple. Kedua perusahaan tersebut terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut diterapkan Organisasi & Arsitektur Komputer yang berbeda basis dengan PC.
Semua komputer dapat di pandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu untuk performansi komputasi. Itulah Organisasi dan Arsitektur Komputer.

Sumber :
      ·         http://ar-wdh.blogspot.com/2011/10/arsitektur-vs-organisasi-komputer.html
      ·         PDF – Pengantar Organisasi Komputer (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
      ·         PDF – Organisasi dan Arsitektur Komputer (I Made Agus Dwi Suarjaya, ST., M.Eng.
      ·         MS PowerPoint (Slide) – Pengenalan Organisasi dan Arsitektur Komputer




From : Sugeng D.

ORGANISASI dan ARSITEKTUR KOMPUTER

     Organisasi Komputer
            Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit  operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan berhubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
     Arsitektur Komputer
             Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
              Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya.
     Fungsi Pengolahan Data (Data processing):
              Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat. Contoh: updating bank statement:
     Fungsi penyimpanan data (Data storage):
              Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh: download dari internet.
    Fungsi Pemindahan Data (Data movement):                                             
             Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk  pemindahan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke layar monitor.
     Fungsi Kendali  (Control):                                                                     
             Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain.





     From : Sukiman

  
       Megapa kita mempelajari organisasi dan arsitektur komputer?
Karena, sebuah kewajiban mahasiswa untuk menempuh pembelajaran yang harus di ikuti saya dalam  mata kuliah di semester sekarang (semester dua). Walaupun ini merupakan muatan mata kuliah yang wajib dipelajari sekarang akan tetapi saya juga dengan secara sekaligus mempelajari lebih mendalam tentang ilmu komputer melalui mata kuliah ini. Agar saya lebih paham tentang ilmu yang akan saya pelajari di semester ini, agar nantinya dapat saya implikasikan didalam kehidupan sehari-hari serta untuk memenuhi nilai mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer pada Semester  ini, dan mengetahui bagian-bagian yang terkait dengan komputer. Berikut ini beberapa penjelasan, fungsi, dan komponen Komputer.
1)      Pengertian
·         Organisasi Komputer
         Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
·         Arsitektur Komputer
        Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
     2)      Fungsi komputer
·         Sebagai pengolah data artinya komputer digunakan sebagai pengubah data atau sebagai pembuat data dari 0 hingga menajdi data jadi bisa dilakukan dalam computer
·         Sebagai penyimpanan data artinya computer bias digunakan sebagai tempat menampung g dalam format yang beragam dan data tersebut tidak akan hilang selama user tidak menghapusnya atau storage tidak rusak.
·         Sebagai pemindahan data artinya computer juga bisa digunakan sebagai alat transfer data dari storage satu ke storage lainnya
·         Pengendali artinya komputer bisa digunakan sebagai pengendelai alat lain atau pengendali komputer itu sendiri , dengan menggunakan software tambahan atau alat alat tambahan, seperti pengendali robotic.

      3)     3 komponen komputer
     Komponen hardware(perangkat keras) adalah suatu komponen yang berwujud suatu benda nyata yang dapat kita lihat dan kita rasakan, hardware terdiri dari:
1)      Input/output device seperti printer dan scanner
2)      Storage device (perangkat  penyimpanan) seperti hardisk dan flasdisk
3)      CPU(Central Processing Unit) merupakan bagian penting pada komputer
     Komponen software(perangkat lunak)adalah suatu perangkat yang tidak bisa kita pegang dan tidak bisa dirasakan akan tetapi jika tidak ada komponen ini komputer tidak akan dapat berjalan. Software terdiri dari:
1.      Sistem operasi merupakan sofware dasat dari suatu komputer jika kompputer tersebut iningin dijalankan seperti windows dan linux
2.      Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya pc tools dapat melakukan perintah format sebagaimana dos, tapi pc tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan.
3.      Program aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu,biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan, kebutuhan seseorang, lembaga, perusahaan guna keperluan interennya. Contohnya: flstudio, ulead dan lain-lain
4.      Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan dan biasanya sangat beguna untuk pekerjaan jdalam skala besar dan sudah umum di pakai pada kelompok maupun invidu. Contoh nya: microsoft office, photoshop,autodesk
    Komponen brainware  adalah user atau dengan kata lain manusia pengguna computer yang memberi perintah harus bagaimana dan apa yang dikerjakan oleh computer tersebut
    Sumber :     www.google.com
                        www.wordpress.com




       From : Tiyo M.

Organisasi & Arsitektur Komputer


       TUJUAN UMUM
        Memahami tentang organisasi dan komponen sistem komputer.
        Memahami tentang arsitektur dan cara kerja komputer.
        Memahami sejarah komputer.

      TUJUAN KHUSUS
        Memahami micro programming.
        Memahami bagaimana mesin/komputer bekerja.
        Memahami bahasa mesin.
        Memahami tentang CPU.
        Memahami tentang memori dan cache.
        Memahami tentang logika digital.
        Memahami tentang RISC dan CISC.

      DEFINISI
        Komputer = computare (menghitung) = Alat hitung.    
            –     Mesin yang dapat memecahkan berbagai masalah bagi manusia dengan memberikan
       instruksi-instruksi (digital) kepada mesin itu.
–     Mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian
       memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa
       informasi.
–     Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
                  Menerima input.
                  Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
                  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
                  Menyediakan output dalam bentuk informasi.
–    Suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan  aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  
       KOMPUTER
            Unit Masukan
            Unit Keluaran
         •  Unit Pemroses data
         •  Unit Penyimpan data

 FUNGSI KOMPUTER
           Menulis (word processor)
       • Menghitung neraca (spreadsheet)
       •  Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
       •   Bertukar data (jaringan/LAN)
       •   Bertukar data global (internet)
       •    Membuat animasi.
       •    Membuat game.
       •    Membuat lagu, dst.

       ARSITEKTUR KOMPUTER DAN ORGANISASI KOMPUTER
       • Arsitektur komputer berkaitan dengan atribute-atribute yang nampak bagi programmer.
           - Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O,
              teknik pengalamatan (addressing techniques).
           - Contoh : apakah tersedia instruksi untuk perkalian?
       • Organisasi computer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan             spesifikasi arsitektural.
                  - Control signals, interfaces, memory technology.
- Contoh : Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan
                dengan penambahan secara berulang?
       • Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda.
       • Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi.
-           Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama.
-           Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama.
-           Memberikan compatibilitas instruksi level mesin.
-           Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

     STRUKTUR DAN FUNGSI
     • Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
     • Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

     FUNGSI
     Semua komputer memiliki 4 fungsi :
      - Pengolahan data - Data processing
      - Penyimpanan data - Data storage
      - Pemindahan data - Data movement
      - Kendali - Control
         •  Menghitung neraca (spreadsheet)
         •  Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
         •   Bertukar data (jaringan/LAN)
         •   Bertukar data global (internet)
         •   Membuat animasi.
         •   Membuat game.
         •   Membuat lagu, dst.

     ARSITEKTUR KOMPUTER DAN ORGANISASI KOMPUTER
•    Arsitektur komputer berkaitan dengan atribute-atribute yang nampak bagi programmer.
-           Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O,
teknik pengalamatan (addressing techniques).
-           Contoh : apakah tersedia instruksi untuk perkalian?
•          Organisasi computer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural.
-           Control signals, interfaces, memory technology.
-           Contoh : Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan dengan penambahan secara berulang?
•          Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda.
•          Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi.
-           Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama.
-           Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama.
-           Memberikan compatibilitas instruksi level mesin.
-           Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

    Sumber : http://oce-da-iceman.blogspot.com/2009/11/organisasi-arsitektur-komputer.html

   

      From : Topan Al-Ghiffari H.

Mengapakita di haruskanmemahamiOrganisasidanArsitekturkomputer?

      Tujuan
            Selama ini kita hanya dapat menggunakan computer tanpa mengetahui bagaimana computer berjalan, memproses serta konsep dasar bagaimana computer ber-operasi, dengan mempelajari organisasi dan arsitektur computer dapat mengetahui serta memahami bagaimana cara computer ber-operasi dan memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang arsitektur dan organisasi komputer yang berkaitan dengan evolusi dan kinerja komputer, bus-bus sistem, memori internal daneksternal, input/output, dukungan system operasi, aritmatika komputer, set instruksi, struktur dan fungsi CPU, Prosesor Su-perskalar, unit kontrol, control termikro program, teknik pengalamatan, serta organisasi paralel.
      Organisasi Komputer
            Dalam organisasi computer yaitu bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun system computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan berhubungan antara komponen-komponen sister komputer.Contohnya seperti aspek organisasionaladalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
      Arsitektur Komputer
Dalam arsitektur computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system komputer.Arsitektur computer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Arsitektur computer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur computer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan kememori cache, RAM,  ROM, cakram keras. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC.

      From : Yuniar Ayu Ningrum

Organisasi dan Asitektur Komputer

      Mengapa kita harus belajar Asitektur Komputer?
      1.       User
-          Memahamikemampuandanbatasan system
-          Membuatkeputusan yang dibutukan
-          MeningkatkankomunikasidenganTeknologiInformasisecaraProfesional

      2.       System Analyst
-          Melakukan survey, menentukankelayakandanmenggambarkankebutuhanpemakai
-          Menentukan system komputeruntukmemenuhiaplikasi yang dibutukan

      3.       Programmer
-          Menciptakanaplikasi software yang efesienuntukmenentukanprosessor yang di perlukan

      4.       System Administrator / Manager
-          Menginstall, mengkofigurasi, memperbaik, danmengupgrade system komputer
-          Memaksimalkan system yang tersedia
-          Mengoptimalkanperfomendari system
-          Menjaminkeamanan system

      5.       Web Designer
-          Mengoptimalkanaksespelanggandalamlayanan web
-          Memahami system administrasidarilayanan web
-          Memilidengantepat format data yang digunakan
-          Mendesainhalaman web lebihefesien

      ApatujuanbelajarAsitekturKomputer?
      1.       Mengetahuitentangmatakuliah CPU Asitektur
      2.       Mengetahuihubunganantara CPU Asitekturdenganmatakuliah yang lain
      3.       Dapatmengikutidanmemahamiperkembangan CPU
      4.       Mengetahuimateri yang akandipelajaripadamatakuliahCPU Asitektur
    BerikutIlmu yang mempelajaritentangstuktur-stukturdanfungsipadakomputer :
    ·       Mempelajaritentangbagaimanabagaimana CPU melakukanpekerjaannya
    ·       Mempelajaritentangbagaimana CPU berhubungandenganperalatan yang lain dalammenjalankantugasnya
    ·       Mempelajaritentangkomponen-komponenapasaja yang adadalam CPU
         Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponens ehingga dapat berfungsi dengan       baik
      Perbedaan Asitektur dan Organisasi Komputer :
           Asitektur Komputer
     Asitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak (Visible) bagi seorang program
     Contoh Atribut Asitektur Adalah : set intruksi, jumlah bit untuk representasi bermacamj enis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
      Organisasi Komputer
    Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
   ContohAtributOrganisasionalAdalah :rincian hardware yang dapatdiketahui ole pemrogram, sepertisinyal control, interface komputer, danteknologimemori yang digunakan
      Stuktur dan Fungsi Komputer :
- StukturKomputer, Komponen-komponen yang salingberkaitan. Ada 4 komponenutamadalamstukturkomponen :
1.       Central Processing Unit
KomponenUtamadari CPU á Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2.       Main Memory
KomponenUtamadari Memoryá Internal Memory, dan External Memory
3.       Input Output
KomponenUtamadari I/O á Monitor, Keyboard, Mouse dan Printer
4.       System Interconnection
KomponenUtamadari SI á Bus Data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol

- FungsiKomputer, masing-masingoperasikomponensebagaibagiandaristuktur. Ada 4 fungsidasarpadasebuahkomputer :
1.       Pengolah Data (Data Processing)
2.       Penyimpanan Data (Data Storage)
3.       Pemindah Data (Data Movement)
4.       Kontrol (Control)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar