From : Abdul Aziz
I. PENGERTIAN
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑
atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set
instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Organisasi Komputer mempelajari bagian
yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen
sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
II. PERBEDAAN
Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit –
unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal
kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada
kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan
sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen
perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
III. STRUKTUR dan FUNGSI
Struktur & Fungsi :
·
Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu
dengan dunia luar.
·
Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan
bagian dari struktur.
Fungsi dari komputer adalah :
·
Fungsi Operasi Pengolahan Data
·
Fungsi Operasi Penyimpanan Data
·
Fungsi Operasi Pemindahan Data
·
Fungsi Operasi Kontrol
Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer :
·
Input
·
Memori
·
Arithmetic dan logic
·
Control
·
Output
Input diterima dari informasi yang diberikan
pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini
lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan
berikutnya atau proses selanjutnya yang dilakukan oleh arithmetic dan
logic (ALU) atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan
yang diinginkan. Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan
alat output, seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas
dikoordinasi oleh unit kontrol.
Source:www.google.com
www.rosdianasetiawan.blogspot.com
From : Ayu Windi Laksmita Dewi
MENGAPA KITA
HARUS MEMPELAJARI ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER ??
Sebagai
salah satu mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa, khususnya di program studi
“Teknik Informatika”. Maka kita sebagai mahasiswa di wajibkan untuk mengetahui
bagaimana suatu komputer tersebut dapat bekerja dengan baik dan benar, mulai
dari pengimputan data (memasukan data), kemudian di proses, sampai menghasilkan
suatu output data (berupa hasil dari pemasukan data tersebut). Sebagai contoh
kita memasukan sebuah kalimat melalui keyboard kemudian kalimat tersebut di proses
di dalam CPU dan di keluarkan melalui monitor.
Organisasi
dan Arsitektur Komputer merupakan satu pelajaran mata kuliah yang diajarkan
untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Oleh karena itu
essay ini dibuat untuk mengkaji tentang makna dari organisasi komputer dan
arsitektuk komputer.
Pada ruang lingkup ilmu
komputer dan juga teknik komputer, kita harus mengetahui pengertian dari organisasi dan arsitektur tersebut,
sebelum mengetahui manfaat dan alasan untuk mempelajari organisasi arsitektur
komputer di dunia kerja. Berikut pengertiannya :
-
Arsitektur komputer adalah bagaimana
seorang programmer dapat melihat
atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang di buat.
Sebagai
contoh : misalkan si programmer
ketika akan mengkoding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedang
di gunakannya memiliki :
·
Instruksi perkalian atau tidak ?
·
Bagaimana pengamatan data memory ?
·
Bagaimana data di representasikan ?, dan
·
Bagaimana bilangan di representasikan ?
Jadi dapat di simpulkan bagaimana
software bekerja pada hardware .
-
Organisasi komputer adalah bagian yang
terkait erat dengan unit-unit operasional.
Sebagai
contoh : teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, sistem
memori dan sinyal-sinyal control.
Jadi
dapat di simpulkan bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut, bagaimana
unit-unit komputer bekerja, dan bagaimana interkoneksinya hingga komputer dapat
berfungsi sesuai strukturnya.
Contoh yang
paling banyak menggunakan arsitektur dan organisasi komputer, misalnya :
Microsoft dan Apple. Ke-2 perusahaan tersebut, terutama Apple berusaha membuat
terobosan inovatif di dunia komputer. Table PC dan Smartphone adalah salah satu
contohnya, pada ke-2 teknologi baru tersebut diterapkan arsitektur dan
organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC.
Dengan
kita belajar Organisasi dan Arsitektur Komputer, akan memudahkan kita memahami
sebagai :
1.
User
Ø Memahami kemampuan dan
batasan system;
Ø Membuat keputusan yang
dibutuhkan;
Ø Meningkatkan komunikasi
dengan Teknologi Informasi secara Profesional.
2.
System analys
Ø Melakukan survei,
menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai;
Ø Menentukan system
computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3.
Programmer
Ø Menciptakan aplikasi
software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan;
4.
System Administrator / managemen
Ø Menginstall,
mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer;
Ø Memaksimalkan system
yang tersedia;
Ø Mengoptiimalkan
performen dari system;
Ø Menjamin keamanan system.
5.
Web Design
Ø Mengoptimalkan akses
pelanggan dalam layanan web;
Ø Memahami system
administrasi dari layanan web;
Ø Memilih dengan tepat
format data yang digunakan;
Ø Mendesain halaman web
lebih efisien.
Organisasi komputer membantu mengoptimalkan
kinerja berbasis produk. Dengan adanya pelajaran organisasi dan asritektur
komputer tersebut memiliki tujuan antara lain :
- Mengetahui mata kuliah CPU arsitektur;
- Mengetahui hubungan antara CPU arsitektur dengan mata kuliah lain;
- . Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU;
- Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU arsitektur.
Perbedaan arsitektur dan organisasi komputer :
- Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer
berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak (Visible) bagi
seorang program.
Contoh : Atribut
Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis
data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer
berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural .
Contoh : Atribut
Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram,
seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang
digunakan.
Struktur dan fungsi
komputer :
-
Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan. Ada 4
komponen utama dalam struktur komponen :
1.
Central Processing Unit
Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU
Interconnection
2.
Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3.
Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4.
System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.
-
Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian
dari struktur. Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:
1.
Pengolah Data (Data Processing);
2.
Penyimpan Data (Data Storage);
3.
Pemindah Data (Data Movement);
4.
Kontrol (Control).
Dari pembahasan di atas telah di jelaskan bahwa,
pelajaran organisasi dan arsitektur komputer ini sangat penting bagi seorang
mahasiswa untuk mempermudah dalam menjalankan sebuah komputer.
Maka dari itu belajar organisasi dan arsitektur
komputer diharuskan dan di wajibkan bagi seluruh mahasiswa Teknik Informatika
agar dapat di mudahkan untuk bekerja di dunia kerja nanti.
Demikianlah tugas essay Organisasi dan
Aesitektur Komputer yang dapat saya tulis, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Keritik dan saran sangat kami harapkan
Wassalamualaikum Wr. Wb
Sumber :
From : Dinno Fernando
Organisasi
Arsitektur Komputer
Komputer adalah
perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi di kalangan anak usia dini
hingga orang dewasa, tentunya dengan tingkat pemahaman dan penggunaan yang
berbeda-beda. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer
dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit
kontrol, memori, dan alat masukandan hasil (secara kolektif dinamakan
I/O). Bagian ini dihubungkan oleh bus.
Adapun
pengertian dari organisasi komputer, arsitektur komputer, CPU dan komponen
lainnya :
A. Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional
dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori,
dan sinyal–sinyal kontrol.
B. Arsitektur
Komputer
Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer
yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set
instruksi,aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
C. CPU
(Central Prosessing Unit)
Unit Pengolah
Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses
perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data
yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang
saling terhubung.
D. Memori
Memori adalah
sebuah array yang besar dari word atau byte, yang
ukurannya mencapai ratusan, ribuan,atau bahkan jutaan.
Setiap word atau bytemempunyai alamat
tersendiri. Main memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan
yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O.
Memori
dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
Ø RAM (Random
Access Memory)
RAM
(Random Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca atau
ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila
satu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile ini, maka program komputer
tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data semantara,
yang ticlak begilu vital saat aliran daya terputus.
Struktur dari
RAM, dibagi menjadi:
1. Input
Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat
alat input;
2. Program
Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi program
yang akan
diproses;
3. Working
Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan
hasil dari
pengolahan;
4. Output
Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan datayang akan
ditampilkan ke alat output.
Ø ROM (Read
Only Memory)
Memori ini hanya
dapat dibaca saja, programer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM
sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari
program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti program
untuk mengatur penampilan karakter, pengisian tombol kunci dan bootstrap
program.
Bootstrap program
diperlukan pada waktu pertama kali sistem komputer diaktifkan, yang proses ini
disebut dengan istilah booting, yang terdiri dari:
1. Cold
booting, adalah proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk
mengambil
bootsrap program dari keadaan listrik komputer mati.
2. Warm
booting, adalah proses pengulangan pengambilan bootstrapprogram
dalam keadaan
komputer masih hidup.
Instruksi yang
tersimpan di ROM disebut
dengan microinstruction atau microcodeatau disebut
juga firmware. Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak, karena dapat
menyebabkan sistem komputer tidak berfungsi. ROM bersifat non volatile,
artinya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Jenis-jenis ROM:
1. PROM (Programmable
Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat diprogram sekali saja dan tidak dapat
diubah kembali
2. EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus dengan sinar ultra
violet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang
3. EEPROM (Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
E. I/O
Port
Alat-alat
input/output tidak dilekatkan langsung dengan bus tetapi melalui suatu I/O port
atau I/O interface. Alat-alat input/output dapat berkomunikasi dengan CPU
dengan cara mengirimkan informasi yang akan dikomunikasikan lewat bus.
Informasi yang dikirim dari alat input/output (peripheral device) kemain
memory atau ke register di CPU diletakan di I/O port dan dikirimkan lewat
data bus. Demikian juga bila informasi dari main memory akan
dikirimkan ke peripheral device juga melalui data bus dan diterima di I/O port.
Cara ini disebut juga dengan program-controlled I/O. Cara ini
banyak diterapkan pada alat I/O yang hanya dapat menangani satu karakter atau 1
byte atau 1 word saja tiap saat misalnya keyboard.
From : Erlangga Firdaus Zain
PENGERTIAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
1.
Organisasi komputer adalah bagian-bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyususn sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturnya
·
contoh : aspek organisasional adalah teknologi hardware dan
perangkat-perangkat pendukung lainnya
2.
Arsitektur komputer adalah kajian yang cendrung tentang atribut-atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
·
contoh : set intruksi, aritmatika yang digunakan,teknik pengamatan dan
mekanisme I/O
Komputer merupakan
perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi di kalangan anak-anak hingga
orang dewasa, tentunya dengan tingkat pemahaman dan penggunaan yang berbeda.
Komputer juga mempunyai bagian fisik yang disebut Hardware dan non-fisik yang
disebut sebagai Software/Program Komputer.
Organisasi Komputer
adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi
antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol.
Arsitektur Komputer
lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer.
·
Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan,
teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Pada prinsipnya
sebuah sistem komputer terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:
1.
CPU (Central Prosessing Unit)
CPU merupakan bagian
fungsional yang utama dari sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU
merupakan otak dari sebuah komputer. Di dalam CPU inilah semua kerja komputer
dilakukan.
Hal-hal yang perlu
dilakukan CPU adalah:
1.
Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi
program
2.
Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke
bagian input/output.
3.
Merespon interupsi dari luar. Menyediakan clock
dan sinyal kontrol kepada sistem.
Dalam melakukan
hal-hal di atas, jelas CPU perlu menyimpan data untuk sementara waktu. CPU
perlu mengingat lokasi instruksi terakhir sehingga CPU akan dapat mengambil
instruksi berikutnya. CPU perlu menyimpan instruksi dan data untuk sementara
waktu pada saat instruksi sedang dieksekusi. Dengan kata lain, CPU memerlukan
memori internal berukuran kecil yang disebut Register.
Arithmetic and Logic
Unit (ALU) berfungsi
membentuk operasi-operasi aritmatika dan logic terhadap data Register menyimpan
data sementara dan hasil operasi ALU.
Control unit menghasilkan sinyal, yang akan mengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU.
Control unit menghasilkan sinyal, yang akan mengontrol operasi ALU, dan pemindahan data ke ALU atau dari ALU.
2.
Memori
Adalah bagian
fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.
3.
RAM (Random Access Memory)
Adalah memori yang
dapat dibaca atau ditulisi. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya
data akan terhapus bila catu daya dihilangkan. Karena sifat RAM yang volatile
ini, maka program computer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan untuk
mcnyimpaii data seinantara, yang ticlak begilu vital saal aliran daya
terpiilus.
4.
ROM (Read Only Memory)
Adalah memori yang
hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile. Ada
beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM. PROM (Programmable
ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.
5.
Perantara Input/Output
Untuk melakukan
hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O.
Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti
di luar system dapat menerima data dari mikrokomputer dan dapat pula memberi
data ke mikrokomputer.
From : Galih Triandiansyah
Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa teknologi
informasi adalah Arsitektur dan Organisasi Komputer, atau beberapa kampus
sering menyingkatnya menjadi AOK. Ada kitab suci yang menjadi bahan bacaan
wajib pada mata kuliah ini, yaitu bukunya William Stallings dan Andrew S.
Tanenbaum. Bukunya Stalling berjudul "Computer
Organization and Architecture Designing for Performance" saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 8th, sedangkan
bukunya Tanenbaum adalah "Structured
Computer Organization" yang
saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 5th.
Lantas apa sih esensi dari arsitektur komputer, dan apa pula maksudnya organisasi komputer? Apa perbedaan keduanya? Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Yuk kita lanjutkan.
Pada ruang lingkup ilmu komputer dan juga teknik komputer, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".
Sedangkan organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.
Lantas apa sih esensi dari arsitektur komputer, dan apa pula maksudnya organisasi komputer? Apa perbedaan keduanya? Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Yuk kita lanjutkan.
Pada ruang lingkup ilmu komputer dan juga teknik komputer, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".
Sedangkan organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.
Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan
organisasi komputer? Ini jawaban yang ane ringkas dari bukunya mbah Stallings :
1.
Students need to understand computer architecture in
order to structure a program so that it runs more efficiently on a real
machine. In selecting a system to use, they should be able to understand the
tradeoff among various components, such as CPU clock speed vs. memory size
2.
Architecture extends upward into computer software
because a processor’s architecture must cooperate with the operating system and
system software. It is difficult to design an operating system well without
knowledge of the underlying architecture
3.
Concepts used in computer architecture find application
in other courses. In particular, the way in which the computer provides
architectural support for programming languages and operating system facilities
reinforces concepts from
those areas
Contoh yang banyak mengutak-utik
arsitektur dan organisasi komputer, misalkan : Microsoft dan Apple. Kedua
perusahaan tersebut, terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di
dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru
tersebut, diterapkan arsitektur dan organisasi komputer yang berbeda basis
dengan PC.
Semua komputer dapat dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan organisasi komputer.
Semua komputer dapat dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan organisasi komputer.
From : Gilang R.
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Apa yang dimaksud Organisasi dan
Arsitektur Komputer?
Arsitektur
komputer mempelajari atribut-atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung
pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang
digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan,
karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer adalah bagaimana seorang
programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika
program yang dibuatnya. Sebagai contoh misalkan si programmer ketika akan
coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya
memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori?
Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan?
Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika
dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah
"bagaimana software bekerja pada hardware".
organisasi
komputer berbicara bagaimana
mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan
dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.
Organisasi komputer mempelajari bagian yang
terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen
sistem komputer, contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan
peripheral, teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur komputer dapat bertahan
bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan
perkembangan teknologi.
Perbedaan
Arsitektur dan Organisasi Komputer
Jika organisasi
komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat
antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol
Sedangkan arsitektur
komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah
program
contoh: set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
# apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
·
Arsitektur sama,
organisasi dapat berbeda
·
Arsitektur
bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya
Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer
dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model
komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya
yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
·
Semua intel
family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
·
Family IBM
system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
·
Organisasi antar
versi memiliki perbedaan.
Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan
fungsi dari Komputer:
1. Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan
pekerjaannya
2. Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubugan
dengan peralatan yang lain dalam menjalankan tugasnya.
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja
yang ada di dalam CPU
4. Memepelajari bagaimana cara mengatur kerja
masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Tujuan belajar Organisai dan Arsitektur
Komputer:
- Mengetahui tentang matakuliah Organisasi dan Arsitektur computer
- Mengetahui hubungan antara matakuliah organisasi dan arsitektur komputer dengan matakuliah lain
- Dapat memahami dan mengikuti perkembangan komputer
- Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer
- Dapat memahami struktur computer dan masing masing pembentuk struktur computer
- Mengethaui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer
From : Ismi Nur Aziza
Arsitektur Komputer dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu
dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, dan target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer
adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan
dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana
CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke
memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Dari
beberapa sumber,saya dapat tuliskan mengapa kita harus belajar Arsitektur Komputer?
1. User
1. Memahami kemampuan dan batasan system
2. Membuat keputusan yang dibutuhkan
3. Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
1. Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
2. Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
1. Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
1. Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
2. Memaksimalkan system yang tersedia
3. Mengoptiimalkan performen dari system
4. Menjamin keamanan system
5. Web Designer
1. Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
2. Memahami system administrasi dari layanan web
3. Memilih dengan tepat format data yang digunakan
4. Mendesain halaman web lebih efisien
1. User
1. Memahami kemampuan dan batasan system
2. Membuat keputusan yang dibutuhkan
3. Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
1. Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
2. Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
1. Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
1. Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
2. Memaksimalkan system yang tersedia
3. Mengoptiimalkan performen dari system
4. Menjamin keamanan system
5. Web Designer
1. Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
2. Memahami system administrasi dari layanan web
3. Memilih dengan tepat format data yang digunakan
4. Mendesain halaman web lebih efisien
Berikut Ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dan fungsi dari komputer:
1. Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
2. Mempelajari
tentang bagaimana CPU berhubungan dengan peralatan yang lain dalam
menjalankan tugasnya
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Perbedaan arsitektur dan organisasi computer
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Perbedaan arsitektur dan organisasi computer
1. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2. Organisasi
Komputer
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Struktur dan fungsi komputer
Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan.
Ada 4
komponen utama dalam struktur komponen:
1. Central Processing Unit
Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2. Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3. Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4. System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.
Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur.
Ada 4
fungsi dasar pada sebuah komputer:
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).
Ada tiga pengertian yang harus dibedakan yaitu:
1 Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler
1 Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler
Mikroprosesor
Mikroprosesor
adalah sustu chip (IC=Integrated Circuits) yang didalamnya terkandung rangkaian
ALU (Arithmetic Logic Unit), Rangkaian CU (Control Unit), dan
Register-register.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.
Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (Main Memory) dan antar muka Input-Output (I/O Interface) yang dilakukan dengan menggunakan system interkoneksi bus.
Bus merupakan kumpulan konduktor, yang membawa sinyal-sinyal alamat, data dan kontrol
1. Bus alamat, Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya dan memiliki sifat aliran satu arah.
2. Bus Data, Kumpulan Konduktor, yang membawa kode-kode intruksi atau data dari mikroprosesor keunit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah.
3. Bus kontrol, Kumpulan konduktor yang membawa sinyal-sinyal kontrol.
Main memory
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.
http://hendra-jatnika.web.id/index.php/akdm/know/10-arsitektur-komputer.html
From : Mulya Putra W.
MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI
ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER?
Memepelajari Teknik Informasi bukan saja dari segi
bidang komputer,jaringan,dan IO nya saja,namun kita harus mengetahui alur atau sistemmatika sebuah komputer itu bekerja dimana sebuah komputer bekerja
secara logikal,walaupun komputer hanyalah sebuah alat elektronik namum komputer
memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan teknologi di jaman
sekarang ini.
Organisasi sendiri yaitu bagian yang
terkait erat dengan operasional dan interkoneksi antara komponen penyusun
komputer.Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,perangkat antar
muka,teknologi memori,dan sinyal-sinyal control,sedangkan arsitektur komputer
adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dari suatu sistem komputer.
Seperti yang kita ketahui komputer di
buat untuk memudahkan pekerjaan manusia sehingga komputer di buat agara bisa
melakukan proses,data penyimpanan,data pemindahan,dan pengontrolan terhadap
sitem komputer itu sendiri,di jaman sekarang ini manusia sudah mengetahui dan
sudah menggunakan komputer namun hanya sedikit orang yang paham dan tau akan
apang yang terjadi pada saat seorang brainware melaukan perintah terhadap
komputer seperti copy,membuat sebuah program,dan melakukan IO, mungkin menurut
saya mesin komputer memliki sebuah rancangan yang terancang secara rapih agar
sebuah komputer dapat di operasikan dengan baik,biasanya orang hanya mengenal
komputer hanya dari segi software,dan
hardware di mana orang hanya mengenal
spesifikasi komputer yang bagus namun tidak mengetahui bahwa komputer yang
tidak seimbang maka kinerja nya pun kurang maksimal.
Kita sebagai para calon sarjana IT
harus mengatahui apa yang terjadi di balik sebuah komputer di mana biasanya
kita hanya mengerti dasar komputer itu bekerja seperti input,proses,dan output
namun kita tidak mengerti sedalam-dalamnya apa yang terjadi pada saat semua itu
dilakukan dan semua itu terjadi,dalam OAK ada yang namanya struktur komputer
dan multi level mesin ,komputer memiliki sistem yang komplex karena komputer
hanya mengerti bilangan biner saja seperi angka 1 dan 0,komputer memiliki tingkatan
multilevel mesin seperti:
Level 5 Problem-oriented
language level
Level 4 Assembly
language level
Level 3 Operating
system machine level
Level 2 Instruction
set architecture level
Level 1 Micro
architecture level
Level 0 Digital
logic level
menurut orang-orang yang sering menggunakan komputer, komputer
bagaikan kotak hitam dimana para penggunanya dapat mengendalikan dan
menggunakan komputer namun mereka tidak
mengetahui apa yang terjadi di balik sebuah komputer yang saat itu juga ia
gunakan.
Oleh karena itu kita harus mempelajari dan memahami Organisasi dan Arsitektur Komputer agar kita lebih paham dengan apa yang kita gunakan dan agar kita lebih bijak dalam menggunakan sebuah komputer yang sehari-hari sering kita gunakan.
From : M. Sidiq Noval A.G.S
Komputer adalah
sebuah mesin elektronik yang di dalamnya dilengkapi dengan hardware,software,dan
penggunanya yaitu brainware kita sudah mengetahui komputer itu apa namun kita
tidak mengetahui apa yang terjadi sesunggunya di dalam sebuah komputer tersebut
pada saat kita mengoprasikan komputer,di dalam komputer biasanya terdapat software-sofware yang sering kita gunakan untuk kita ketahui namun apakah kita tau cara
kinerja atau urutan mereka bekerja seperti apa?.
Komputer dapat
menyelesaikan permasalhan-permasalahan yang komplex seperti
tambah,kurang,kali,dan pembagian,selain itu komputer pun menyelesaikan tugasnya
dengan logika di mana sebuah komputer akan berhubungan dengan manusia dan
komputer akan melogikakan apa yang di perintahkan oleh manusia,banyak komputer
memiliki arsitektur yang sama namun berbeda organisasi,dan hampir semua
komputer memiliki fungsi yang sama seperti proses,penyimpanan data,pemindahan
data,dan pengendalian.
Organisasi dan
Arsitektur komputer mengenalkan kita terhadap sesuatu yang jarang kita dengar
dan jarang kita sadari dimana sebuah komputer memiliki proses dan kontroler
yang sudah terancang dengan baik oleh para pembuatnya dan pengembangya banyak
sekali produk komputer yang sudah beredar saat ini dengan spesifikasi yang
berbeda,harga yang berbeda,dan organisasi yang berbeda namun memiliki
arsitektur yang sama hal ini agar memudahkan para pengguna komputer yang sudah
terbiasa dengan komputer yang dahulu .
Ada beberapa fungsi
komputer yaitu sebagai berikut:
Fungsi pengolahan Data (Data processing):
Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah
kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program
yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat.
Contoh: updating bank statement:
Fungsi penyimpanan data
(Data storage):
Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang
telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh:
download dari internet.
Fungsi Pemindahan Data (Data
movement):
Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data
yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat
dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke
layar monitor.
Fungsi Kendali
(Control):
Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat
maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat.
Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain
Mempelajari
Organisasi dan Arsitektur Komputer sangatlah penting agar kita mngetahui apa
yang kita lakukan pada saat kita menggunakan komputer dan kita dapat memahami
cara kerja komputer dengan sedalam-dalamnya,agar kita dapat menambah ilmu
karena kita harus mengetahui apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan
dengan menggunakan komputer secara mendalam.
From : Raga I.
1.
Perbedaan
Arsitektur & Organisasi Komputer.
·
Organisasi
Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
·
Arsitektur
Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari
dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene,
dll.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer dan juga dapat didefinisikan
dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Selain itu perbedaan yang lain yaitu, Jika organisasi komputer
mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan
hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi
hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal control.
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung
pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
2. Menjelaskan fungsi komputer dari berikut ini :
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana dan pada prinsipnya
terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
1. Pengolahan Data = Fungsi komputer itu
sendiri tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan komputer
untuk mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Data yang
diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan
lain-lain tergantung kebutuhan dari pengguna komputer tersebut. Dan proses
pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software.
2. Penyimpan Data = Fungsi komputer sebagai
penyimpan data adalah untuk mengamankan banyak data yang suatu saat nanti data
tersebut akan di gunakan kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer
disimpan dalam sebuah Harddisk. Hardisk itu sendiri juga memiliki
kapasitas memori yang berbeda-beda.
3. Pemindahan Data = Fungsi komputer sebagai
pemindahan data adalah untuk mengirim atau menerima data dari komputer satu ke
komputer lainnya, agar proses pengolahan data agar lebih mudah.
4. Kendali = Fungsi komputer sebagai
kendali adalah di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan perintah-perintah
ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai dengan
perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.
3. Komponen-komponen utama komputer.
Komponen utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam
sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika
satu saja dari komponen utama tersebut tidak ada, maka sistem
komputer pun tidak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana
yang diharapkan.
Komponen utama dalam sistem komputer ada tiga yaitu
1. Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan. Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
1. Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan. Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
2. Memori, ini
juga dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer yaitu:
• Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
• kecepatan tinggi
• akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah :
• non volatil atau persisten
• kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
• akses random atau sekuensial
• Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
• Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1. keyboard 5. camera
2. mouse 6. modem
3. touch screen 7. network card
4. scanner
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer yaitu:
• Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
• kecepatan tinggi
• akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah :
• non volatil atau persisten
• kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
• akses random atau sekuensial
• Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
• Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1. keyboard 5. camera
2. mouse 6. modem
3. touch screen 7. network card
4. scanner
• Output Device
(Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran.
Beberapa contoh piranti masukan :
1. Monitor 4. Plotter
2. Printer 5. Modem
3. Speaker 6. network card
1. Monitor 4. Plotter
2. Printer 5. Modem
3. Speaker 6. network card
2. Software
Software atau perangkat lunak
adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah)
yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang
terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun
tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita
dapat meminta pada komputer untuk : mengetik surat/dokumen, menghitung,
menggambar, megeluarkan suara dan lain sebagainya. Perangkat lunak
dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
• pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
• pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
• presentasi : MS PowerPoint, dll.
• desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
• pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
• pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
• presentasi : MS PowerPoint, dll.
• desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
3. Brainware (User),
User adalah
personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,
seperti Sistem analis, programmer, operator, user,
dll. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian
sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
1. Analis Sistem
2. Programmer
3. Operator
4. Teknisi
1. Analis Sistem
2. Programmer
3. Operator
4. Teknisi
From : Rizqi Oktavia P.M.
Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer?
Ø Kita perlu mempelajari dan memahami arsitektur
dan organisasi komputer karena dalam struktur suatu program sedemikian rupa
dapat bekerja secara efisien dalam suatu komputer, dalam pemilihan suatu sistem
dapat memulai atau membatalkan berbagai komponen, seperti CPU mempercepat
melawan kapasitas memori.
Ø kita sudah mengetahui komputer itu apa, namun
kita tidak mengetahui apa yang terjadi sesunggunya di dalam sebuah komputer
tersebut pada saat kita mengoprasikan komputer, di dalam komputer biasanya
terdapat program yang sering kita gunakan
untuk kita ketahui namun apakah kita tau cara kerja atau urutan mereka
bekerja seperti apa. Oleh sebab itu kita harus mempelajari Organisasi dan
Arsitektur Komputer agar kita mngetahui apa yang kita lakukan pada saat kita
menggunakan komputer dan kita dapat memahami cara kerja komputer
Ø Arsitektur meluas ke dalam perangkat lunak
komputer sebab suatu arsitektur pengolah harus bekerja sama dengan sistem operasi
dan sistem perangkat lunak. Hal itu sangat sulit untuk mendesain sistem operasi
yang baik, tanpa pengetahuan dasar arsitektur
Ø Konsep digunakan di dalam arsitektur komputer.
Di dalam rancang komputer, arsitektur komputer menjadi desain yang konseptual
dan struktur yang operasional pokok suatu sistem komputer. Merupakan uraian
kebutuhan fungsional terutama mempercepat dan interkoneksi dan mendesain
implementasi untuk berbagai komponen komputer
memusatkan sebagian besar di pengolahan unit (CPU) melaksanakan secara
internal dan akses di dalam memori
Penjelasan
Pengertian Arsitektur Komputer dan
Organisasi Komputer
·
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Contoh : operasi
aritmatika dan mekanisme input output.
·
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh : prosesor, sinyal
kontrol, teknologi interface
Contohnya
yang banyak mengutak - atik arsitektur dan organisasi komputer, misalnya :
Microsoft dan Apple. Terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di
dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah
salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut, diterapkan arsitektur
dan organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC. Semua komputer dapat
dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak
komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri.
Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk
sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan
organisasi komputer.
Fungsi
Komputer
· Sebagai pengolah data
· Sebagai pengolah data
Komputer
digunakan sebagai pengubah data atau sebagai pembuat data
· Sebagai penyimpanan data
· Sebagai penyimpanan data
Komputer
biasa digunakan untuk tempat menampung data dalam format yang beragam dan dan
data tersebut tidak akan hilang apabila kita tidak menghapusnya atau storage
tidak rusak
· Sebagai pemindahan data
· Sebagai pemindahan data
Komputer juga
dapat digunakan sebagai alat transfer data dari storage satu ke storage lainnya
· Sebagai pengendali
· Sebagai pengendali
Komputer
dapat digunakan sebagai pengendali alat lain atau pengendali komputer itu
sendiri, dengan menggunakan software tambahan. Contoh pengendali robotic
Arsitektur
Komputer sebagai Rangkaian Abstraction layer
Ø Hardware
Bagian dari
perangkat keras computer. Seperti CPU
Ø Firmware
Firmware
adalah perangkat lunak yang tertanam di dalam suatu hardware. Hal ini sering
diberikan pada flash ROM atau sebagai file gambar biner yang dapat diupload ke
hardware
Ø Assembler
Sebuah
program bahasa assembly diterjemahkan ke dalam komputer target kode mesin oleh
sebuah program utilitas yang disebut assembler
Ø Kernel
kernel
merupakan komponen utama dari sebagian besar komputer sistem operasi (OS).
Tanggung jawabnya meliputi mengelola sumber daya sistem dan komunikasi antara komponen
hardware dan software. Sebagai komponen dasar dari sebuah sistem operasi ,
kernel menyediakan tingkat terendah lapisan abstraksi untuk sumber daya (terutama
memori , prosesor dan perangkat I / O) bahwa aplikasi harus kontrol untuk
menjalankan fungsi mereka. Ini biasanya membuat fasilitas tersebut tersedia
untuk proses aplikasi melalui komunikasi antar-proses mekanisme dan sistem
panggilan. Hal ini dilakukan secara berbeda oleh kernel yang berbeda,
tergantung pada desain dan implementasi mereka. Sementara kernel monolitik akan
mencoba untuk mencapai tujuan tersebut dengan mengeksekusi semua kode dalam
ruang alamat yang sama untuk meningkatkan kinerja sistem, kernel mikro
menjalankan sebagian besar layanan mereka dalam ruang pengguna, bertujuan untuk
meningkatkan pemeliharaan dan modularitas dari basis kode.
Ø Sistem Operasi dan Aplikasi Software
Sistem
operasi ( OS ) adalah sebuah program komputer yang mengelola perangkat keras
dan perangkat lunak sumber daya komputer.
Pada dasarnya dari semua perangkat lunak sistem, sistem operasi
melakukan tugas-tugas dasar seperti mengendalikan dan mengalokasikan memori, memprioritaskan
permintaan sistem, mengendalikan perangkat input dan output, memfasilitasi
jaringan, dan mengelola file. Hal ini juga dapat menyediakan antar muka pengguna
grafis untuk fungsi tingkat yang lebih tinggi
Aplikasi
software adalah bagian dari perangkat lunak komputer yang mempekerjakan kemampuan
komputer langsung ke tugas bahwa keinginan pengguna untuk melakukan. Hal ini
harus sejalan dengan perangkat lunak sistem yang terlibat dalam mengintegrasikan
berbagai kemampuan komputer, tetapi biasanya tidak langsung menerapkannya dalam
kinerja tugas yang menguntungkan pengguna
Kita
harus mempelajari dan memahami organisasi dan Arsitektur Komputer agar kita mngetahui
apa yang kita lakukan pada saat kita menggunakan komputer dan kita dapat
memahami cara kerja komputer secara detail
From : Sendi Firdaus
Mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer
menjelaskan mengenai konsep dasar organisasi dan arsitektur suatu sistem komputer
yang akan di gunakan untuk merancang , menganalisis
dan membandingkan beberapa jenis arsitektur komputer dalam rangka memdapatkan kinerja
sistem komputer yang tinggi
·
Mahasiswa memahami mengenai konsep dasar organisasi
dan arsitektur komputer
· Mahasiswa akan dapat menjabarkan konsep I/O, internal dan eksternal memory dari suatu sistem komputer
· Mahasiswa akan dapat menjabarkan konsep I/O, internal dan eksternal memory dari suatu sistem komputer
·
Mahasiswa memahami proses kerja instruksi,software
dan hardware.
·
Mahasiswa akan dapat membandingkan intruksi mesin
untuk arsitektur komputer contoh Motorola, intel Pentium
·
Mahasiswa akan mengidentifikasi konsep dasar
hardware dan software dari sistem komputer
·
Mahasiswa akan dapat mengkombinasikan metode
pipeline dalam mendesain sistem komputer
Dan
yang dimaksud organisasi
komputer dan arsitektur komputer sebagai berikut
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi
antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antar muka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan,
teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai
contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalaman tersebut akan
diimplementasikan secara langsun ga tau kah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional.
Perbedaaan
Utama
Organisasi
Komputer dan Bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional
Contoh
:teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal – sinyalkontrol
ArsitekturKomputer
Atribut
– atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh
: Set instruksi, aritmatika yang dipergunakan, teknikpengalamatan, mekanisme
I/O
Dari
pengamatan saya sendiri tujuan mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer ini
menjelaskan, menerangkan serta seperti mengartikan komputer dan mempelajari tentang
komputer dan mungkin seperti yang bapak jelaskan
mahasiswa perlu tahu sejarah tentang bagaimana komputer itu di buat dimana dan kapan komputer itu di buat, serta
agar kita mengetahui bagaimana sih komputer
itu bekarja danbagaimana komputer itumenjalankan apa yg kita suruh seperti membuat
program dan lain sebagainya.
Lalu
mata kuliah ini bermanfaat untuk pengetahuan kita akan sejarah komputer karena
di materinya ada pembahasan sejarah bahasa mesin seperti assembly dan mungkin masih
banyak ntar yang akan lebih banyak disampaikan.
Pengetahuan
akan komputer dan cara kerjanya itu sangatlah penting bagaimana kalo kita di Tanya
bisa “apakah anda bias membuat program?” mungkin sebagian orang tidak mengerti membuat
suatu program komputer ,jawabnya “ya”
lalu ketika di Tanya bagaimana mana sih cara pengoperasian komputer dan bagaimana
cara kerja komputer itu sendiri? Nah,kesimpulannya itulah tujuan mata kuliah organisasi
dan arsitektur komputer ini.
Dan
yang paling lebih penting mahasiswa dapat mengetahui spesifikasi komputer agar
membeli sebuah komputer tidak asal membeli saja tahu tahu hidup saja dan tidak mengetahui
isi komputer itu bagus atau tidak dan layak pakai atau tidak juga, mengetahui tingkat
kecepatan sebuah komputer itusendiri. Seperti yang di
jelaskan di atas tentang spesifikasinya kita perlu tahu komputer kita spesifikasinya
bagus atau tidak cepat atau lambat dia membacanya dan kita harus mengetahui microprosessornya
apa dan bagus atau tidaknya,DDR2 atau berapa,motherboardnya cocok atau tidak,tingkat
memory internal nya yang bagusberapa,danlai lain.
Bukan
hanya itu mata kuliah organisasi dan arsitektur ini juga mempelajari dan memjabarkan
konsep I/O, serta mahasiswa dapat memahami guna internal daneksternal memory
dari sitem komputer itu tersebut.
Mata
kuliah ini juga mempelajari tentang bagaimana proses kerja intruksi software
dan hardware juga memberitahu bagaimana pengoperasian software dan hardware
dalam sistem komputer itu tersebut.
Seperti
di jelaskan di halaman pertama mahasiswa
akan mengidentifikasi konsep dasar hardware dan software dari sistem komputer.Itu
akan menjadi pengetahuan tentang konsep dasar hardware dan software dan mahasiswa akan dapat
mengkombinasikan metode pipeline dalam mendesain sistem komputer.
Referensi;
http://orkom.lecture.ub.ac.id/
From : Stenly David K.P.
Esai
Mengapa kita perlu mempelajari Organisasi & Arsitektur
Komputer?
Dari judul tugas yang diberikan
sungguh menarik dan menantang. Dari hal ini kita dapat menangkap sebuah
pemahaman bahwa Organisasi & Arsitektur Komputer merupakan matakuliah yang
unggul dan sangat menarik tuk di pelajari.
Mari kita bahas mengenai berbagai
materi maupun metode pengertian dari
Organisasi dan Arsitektur Komputer. Organisasi & Arsitektur Komputer
merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa Teknologi Informatika,
atau beberapa kampus sering menyingkatkannya menjadi Arsikom. Ada kitab suci
yang menjadi bahan bacaan wajib bagi matakuliah ini, yaitu buku dari William
Stallings dan Andrew S. Tanenbaum. Buku dari Stailling berjudul “Computer Organization and Architecture
Desingning for Performance” saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 8th,
sedangkan bukunya Tanenbaum adalah “Structured
Computer Organization” yang saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 5th.
Pada ruang lingkup akedemik teknik
informatika, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat
atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang
dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan programmer ketika akan coding, ia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan
digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan
data di memori? Bagaimana bilangan direpresentasikan?
Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain dari arsitektur komputer. Jika
dipersempit maka fokus dari pembelajaran di bidang ini adalah “bagaimana
software bekerja pada hardware”. Sedangkan organisasi komputer berbicara
bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer
berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai
strukturnya.
Organisasi Komputer :
·
Bagian yang terkait erat dengan
unit-unit opersional dan sesuai dengan spesifikasi arsitektural.
·
Kontrol signal, perangkat antar
muka dan teknologi memory yang digunakan.
Contoh: Perangkat antarmuka,
sistem memori, sinyal-sinyal kontrol, teknologi hardware, dan teknologi memori.
Arsitektur Komputer :
·
Atribut-atribut pada sebuah sistem
komputer yang terlihat atau terkait oleh programmer.
·
Memiliki dampak langsung pada
eksekusi logis sebuah program.
Contoh: Teknik Pengalamatan memori, set instruksi, mekanis I/O, aritmatika atau jumlah bit yang digunakan pada tipe data.
Contoh: Teknik Pengalamatan memori, set instruksi, mekanis I/O, aritmatika atau jumlah bit yang digunakan pada tipe data.
Struktur dan Fungsi
-
Struktur, cara masing-masing
komponen saling berhubungan.
-
Fungsi, operasi dari setiap
komponen sebagai bagian dari struktur.
Komputer memiliki Mesin 6 Level
Level 0 dari mesin tersebut merupakan level
logika digital, dimana berisi
logika-logika yang diwujudkan dalam bentuk logika gerbang.
Level inilah yang merupakan
hardware sesungguhnya dari sebuah mesin. Logika digital dibentuk dalam suatu
komponen analog seperti misalnya transistor dan sebagainya.
Level 1 merupakan level arsitektur mikro. Pada level ini terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut dengan Arithmetic Logic Unit (ALU) yang terdiri dari sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi logika aritmatika sederhana. Pada level ini juga terdapat program yang mengendalikan beberapa operasi di dalamnya yang disebut dengan nama program mikro. Disamping sebagai pengendali, program mikro ini juga berfungsi sebagai interpreter atau penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di atasnya.
Level 1 merupakan level arsitektur mikro. Pada level ini terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut dengan Arithmetic Logic Unit (ALU) yang terdiri dari sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi logika aritmatika sederhana. Pada level ini juga terdapat program yang mengendalikan beberapa operasi di dalamnya yang disebut dengan nama program mikro. Disamping sebagai pengendali, program mikro ini juga berfungsi sebagai interpreter atau penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di atasnya.
Level 2 disebut juga sebagai level arsitektur perangkat instruksi. Biasa disebut juga level ISA (Instruction Set
Architecture). Level ini berisikan instruksi-instruksi dasar sebuah mesin
seperti yang biasanya terdapat pada manual book dari produk-produk komponen
komputer yang dikeluarkan oleh pabrik. Level 3 merupakan level mesin sistem operasi. Level ini merupakan level pengaturan mesin
yang dilakukan oleh sebuah perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi.
Artinya adalah bahwa pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh mesin
diinterpretasikan secara parsial oleh sistem operasi. Level 4 merupakan
level bahasa rakitan. Jika pada level 0 sampai dengan level 3 implementasinya
dikerjakan oleh programmer sistem, mulai level 4 pekerjaan dapat dilakukan oleh
programer aplikasi. Level 5 merupakan level bahasa tingkat tinggi. Pada
level ini, programer yang ingin memberikan instruksi pada komputer tidak perlu
susah-susah belajar bahasa mesin karena bahasa yang dipakai adalah bahasa
tinggi yang lebih mudah dipahami oleh manusia.
Mengapa kita harus
mempelajari Organisasi dan Arsitektur Komputer?
1. Students need to understand
computer architecture in order to structure a program so that it runs more
effeciently on a real machine. In selecting a system to use, they should be
able to understand the tradeoff among various components, such as CPU clock
speed vs. Memory size
2. Architecture extends upward
into computer software because a processor’s architecture must cooperate with
the operating system and system software. It is difficult to design an
operating system well without knowledge of the underlying architecture
3. Contepts used in computer
architecture find application in other courses. In particular, the wat in which
the computer provides architectural suppport for programming langsuages and
operating system facilities reinforces concepts from those areas
(Sumber:
Buku Stallings)
Contoh yang banyak
mengutak-utik Organisasi & Arsitektur Komputer, misalkan :
Microsoft dan
Apple. Kedua perusahaan tersebut terutama Apple berusaha membuat terobosan
inovatif di dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu
contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut diterapkan Organisasi & Arsitektur
Komputer yang berbeda basis dengan PC.
Semua komputer
dapat di pandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak
komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri.
Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk
sebuah tujuan kolektif yaitu untuk performansi komputasi. Itulah Organisasi dan
Arsitektur Komputer.
Sumber
:
·
http://ar-wdh.blogspot.com/2011/10/arsitektur-vs-organisasi-komputer.html
·
PDF – Pengantar Organisasi
Komputer (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
·
PDF – Organisasi dan Arsitektur
Komputer (I Made Agus Dwi Suarjaya, ST., M.Eng.
·
MS PowerPoint (Slide) – Pengenalan
Organisasi dan Arsitektur Komputer
From : Sugeng D.
ORGANISASI dan ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan berhubungan antara komponen-komponen
sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann,
CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan
bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan
perangkat lunak aplikasinya.
Fungsi Pengolahan Data (Data processing):
Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah
kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program
yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat.
Contoh: updating bank statement:
Fungsi penyimpanan data (Data storage):
Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang
telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh:
download dari internet.
Fungsi Pemindahan Data (Data
movement):
Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data
yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat
dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke
layar monitor.
Fungsi Kendali
(Control):
Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat
maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita
buat. Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan
lain lain.
From : Sukiman
Megapa kita mempelajari organisasi dan arsitektur komputer?
Karena, sebuah
kewajiban mahasiswa untuk menempuh pembelajaran yang harus di ikuti saya dalam
mata kuliah di semester sekarang (semester dua). Walaupun ini merupakan
muatan mata kuliah yang wajib dipelajari sekarang akan tetapi saya juga dengan
secara sekaligus mempelajari lebih mendalam tentang ilmu komputer melalui mata
kuliah ini. Agar saya lebih paham tentang ilmu yang akan saya pelajari di
semester ini, agar nantinya dapat saya implikasikan didalam kehidupan
sehari-hari serta untuk memenuhi nilai mata
kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer pada Semester ini,
dan mengetahui bagian-bagian yang terkait dengan komputer. Berikut ini beberapa
penjelasan, fungsi, dan komponen Komputer.
1) Pengertian
· Organisasi
Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
· Arsitektur
Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari
dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene,
dll.
2) Fungsi komputer
· Sebagai
pengolah data artinya komputer digunakan sebagai pengubah data atau sebagai
pembuat data dari 0 hingga menajdi data jadi bisa dilakukan dalam computer
· Sebagai
penyimpanan data artinya computer bias digunakan sebagai tempat menampung g
dalam format yang beragam dan data tersebut tidak akan hilang selama user tidak
menghapusnya atau storage tidak rusak.
· Sebagai
pemindahan data artinya computer juga bisa digunakan sebagai alat transfer data
dari storage satu ke storage lainnya
· Pengendali
artinya komputer bisa digunakan sebagai pengendelai alat lain atau pengendali
komputer itu sendiri , dengan menggunakan software tambahan atau alat alat
tambahan, seperti pengendali robotic.
3) 3 komponen komputer
Komponen hardware(perangkat keras) adalah suatu komponen yang berwujud
suatu benda nyata yang dapat kita lihat dan kita rasakan, hardware terdiri
dari:
1) Input/output
device seperti printer dan scanner
2) Storage
device (perangkat penyimpanan) seperti hardisk dan flasdisk
3) CPU(Central
Processing Unit) merupakan bagian penting pada komputer
Komponen software(perangkat lunak)adalah suatu perangkat yang tidak bisa
kita pegang dan tidak bisa dirasakan akan tetapi jika tidak ada komponen ini
komputer tidak akan dapat berjalan. Software terdiri dari:
1. Sistem
operasi merupakan sofware dasat dari suatu komputer jika kompputer tersebut
iningin dijalankan seperti windows dan linux
2. Program
utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system
operasi, misalnya pc tools dapat melakukan perintah format sebagaimana dos,
tapi pc tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses
pemformatan.
3. Program
aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan
tertentu,biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer
sesuai dengan permintaan, kebutuhan seseorang, lembaga, perusahaan guna
keperluan interennya. Contohnya: flstudio, ulead dan lain-lain
4. Program
paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh
banyak orang dengan berbagai kepentingan dan biasanya sangat beguna untuk
pekerjaan jdalam skala besar dan sudah umum di pakai pada kelompok maupun
invidu. Contoh nya: microsoft office, photoshop,autodesk
Komponen
brainware adalah user atau dengan kata lain manusia pengguna computer
yang memberi perintah harus bagaimana dan apa yang dikerjakan oleh computer
tersebut
Sumber : www.google.com
From : Tiyo M.
Organisasi & Arsitektur Komputer
TUJUAN UMUM
•
Memahami tentang
organisasi dan komponen sistem komputer.
•
Memahami tentang
arsitektur dan cara kerja komputer.
•
Memahami sejarah
komputer.
TUJUAN KHUSUS
•
Memahami micro
programming.
•
Memahami bagaimana
mesin/komputer bekerja.
•
Memahami bahasa
mesin.
•
Memahami tentang
CPU.
•
Memahami tentang
memori dan cache.
•
Memahami tentang
logika digital.
•
Memahami tentang
RISC dan CISC.
DEFINISI
•
Komputer =
computare (menghitung) = Alat hitung.
– Mesin yang dapat memecahkan berbagai masalah
bagi manusia dengan memberikan
instruksi-instruksi (digital) kepada mesin itu.
– Mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan
output berupa
informasi.
– Suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
• Menerima input.
• Memproses input
tadi sesuai dengan programnya.
• Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
• Menyediakan output
dalam bentuk informasi.
– Suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan
operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
KOMPUTER
Unit Masukan
Unit Keluaran
• Unit Pemroses data
• Unit Penyimpan data
FUNGSI KOMPUTER
• Menulis (word
processor)
• Menghitung neraca
(spreadsheet)
• Membuat program
(VB, Delphi, Java, dll)
• Bertukar data
(jaringan/LAN)
• Bertukar data
global (internet)
• Membuat animasi.
• Membuat game.
• Membuat lagu, dst.
ARSITEKTUR KOMPUTER
DAN ORGANISASI KOMPUTER
• Arsitektur komputer berkaitan dengan
atribute-atribute yang nampak bagi programmer.
- Set Instruksi,
jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O,
teknik pengalamatan (addressing
techniques).
- Contoh : apakah
tersedia instruksi untuk perkalian?
• Organisasi computer berkaitan dengan
unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
- Control signals,
interfaces, memory technology.
- Contoh
: Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan
dengan penambahan secara berulang?
• Arsitektur sama, organisasi dapat
berbeda.
• Arsitektur bertahan lama, organisasi
menyesuaikan perkembangan teknologi.
- Semua Intel
famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama.
- Famili IBM
System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama.
- Memberikan
compatibilitas instruksi level mesin.
- Organisasi antar
versi memiliki perbedaan.
STRUKTUR DAN FUNGSI
• Struktur adalah
bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
• Fungsi merupakan
operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.
FUNGSI
Semua komputer
memiliki 4 fungsi :
- Pengolahan data - Data processing
- Penyimpanan data - Data storage
- Pemindahan data - Data movement
- Kendali - Control
• Menghitung neraca
(spreadsheet)
• Membuat program
(VB, Delphi, Java, dll)
• Bertukar data
(jaringan/LAN)
• Bertukar data
global (internet)
• Membuat animasi.
• Membuat game.
• Membuat lagu, dst.
ARSITEKTUR KOMPUTER
DAN ORGANISASI KOMPUTER
• Arsitektur komputer berkaitan dengan
atribute-atribute yang nampak bagi programmer.
- Set Instruksi,
jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O,
teknik pengalamatan (addressing
techniques).
- Contoh : apakah
tersedia instruksi untuk perkalian?
• Organisasi computer berkaitan dengan
unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural.
- Control signals,
interfaces, memory technology.
- Contoh
: Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan
dengan penambahan secara berulang?
• Arsitektur sama, organisasi dapat
berbeda.
• Arsitektur bertahan lama, organisasi
menyesuaikan perkembangan teknologi.
- Semua Intel
famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama.
- Famili IBM
System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama.
- Memberikan
compatibilitas instruksi level mesin.
- Organisasi antar
versi memiliki perbedaan.
Sumber : http://oce-da-iceman.blogspot.com/2009/11/organisasi-arsitektur-komputer.html
From : Topan Al-Ghiffari H.
Mengapakita
di haruskanmemahamiOrganisasidanArsitekturkomputer?
Tujuan
Selama ini kita hanya
dapat menggunakan computer tanpa mengetahui bagaimana computer berjalan,
memproses serta konsep dasar bagaimana computer ber-operasi, dengan mempelajari
organisasi dan arsitektur computer dapat mengetahui serta memahami bagaimana cara
computer ber-operasi dan memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang arsitektur
dan organisasi komputer yang berkaitan dengan evolusi dan kinerja komputer, bus-bus sistem, memori
internal daneksternal, input/output, dukungan system operasi, aritmatika komputer,
set instruksi, struktur dan fungsi CPU, Prosesor Su-perskalar, unit kontrol, control
termikro program, teknik pengalamatan, serta organisasi paralel.
Organisasi
Komputer
Dalam organisasi computer yaitu bagian
yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun
system computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari
bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan berhubungan antara
komponen-komponen sister komputer.Contohnya seperti aspek organisasionaladalah teknologi
hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
Komputer
Dalam arsitektur computer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system komputer.Arsitektur
computer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan
bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya).
Arsitektur computer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk
dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
Abstraksi dari sebuah arsitektur computer dan hubungannya dengan bagian perangkat
keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak
aplikasinya. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan
lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan kememori cache, RAM, ROM, cakram keras. Beberapa contoh dari arsitektur
komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC.
From : Yuniar Ayu Ningrum
Organisasi dan Asitektur Komputer
Mengapa kita harus belajar Asitektur Komputer?
1.
User
-
Memahamikemampuandanbatasan system
-
Membuatkeputusan yang dibutukan
-
MeningkatkankomunikasidenganTeknologiInformasisecaraProfesional
2.
System Analyst
-
Melakukan survey,
menentukankelayakandanmenggambarkankebutuhanpemakai
-
Menentukan system komputeruntukmemenuhiaplikasi
yang dibutukan
3.
Programmer
-
Menciptakanaplikasi software yang
efesienuntukmenentukanprosessor yang di perlukan
4.
System Administrator / Manager
-
Menginstall, mengkofigurasi, memperbaik,
danmengupgrade system komputer
-
Memaksimalkan system yang tersedia
-
Mengoptimalkanperfomendari system
-
Menjaminkeamanan system
5.
Web Designer
-
Mengoptimalkanaksespelanggandalamlayanan web
-
Memahami system administrasidarilayanan web
-
Memilidengantepat format data yang digunakan
-
Mendesainhalaman web lebihefesien
ApatujuanbelajarAsitekturKomputer?
1.
Mengetahuitentangmatakuliah CPU Asitektur
2.
Mengetahuihubunganantara CPU
Asitekturdenganmatakuliah yang lain
3.
Dapatmengikutidanmemahamiperkembangan CPU
4.
Mengetahuimateri yang
akandipelajaripadamatakuliahCPU Asitektur
BerikutIlmu yang
mempelajaritentangstuktur-stukturdanfungsipadakomputer :
· Mempelajaritentangbagaimanabagaimana CPU
melakukanpekerjaannya
· Mempelajaritentangbagaimana CPU
berhubungandenganperalatan yang lain dalammenjalankantugasnya
· Mempelajaritentangkomponen-komponenapasaja yang
adadalam CPU
Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponens ehingga dapat berfungsi dengan baik
Perbedaan Asitektur dan Organisasi Komputer :
Asitektur Komputer
Asitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah
system yang tampak (Visible) bagi seorang program
Contoh Atribut Asitektur Adalah : set intruksi,
jumlah bit untuk representasi bermacamj enis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan
memory.
Organisasi Komputer
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan
unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
ContohAtributOrganisasionalAdalah :rincian
hardware yang dapatdiketahui ole pemrogram, sepertisinyal control, interface
komputer, danteknologimemori yang digunakan
Stuktur dan Fungsi Komputer :
- StukturKomputer, Komponen-komponen yang
salingberkaitan. Ada 4 komponenutamadalamstukturkomponen :
1.
Central Processing Unit
KomponenUtamadari CPU á Control Unit, ALU, Register, CPU
Interconnection
2.
Main Memory
KomponenUtamadari Memoryá Internal Memory, dan External Memory
3.
Input Output
KomponenUtamadari
I/O á Monitor, Keyboard, Mouse dan Printer
4.
System Interconnection
KomponenUtamadari
SI á Bus Data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol
- FungsiKomputer,
masing-masingoperasikomponensebagaibagiandaristuktur. Ada 4
fungsidasarpadasebuahkomputer :
1.
Pengolah Data (Data Processing)
2.
Penyimpanan Data (Data Storage)
3.
Pemindah Data (Data Movement)
4.
Kontrol (Control)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar